Perbaikan Sempat Molor 5 Bulan, Akhirnya Jembatan Pemali Brebes Bisa Dilewati Arus Mudik Nataru 2024

Perbaikan Sempat Molor 5 Bulan, Akhirnya Jembatan Pemali Brebes Bisa Dilewati Arus Mudik Nataru 2024

Personel satlantas Polres Brebes mengalihkan arus kendaraan dari arah barat untuk melewati jembatan baru Pemali sisi utara.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Akhirnya Jembatan Pemali Brebes bisa dilewati kendaraan saat arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mendatang. Karena itu bagi masyarakat yang akan mudik pada libur Nataru 2024 melalui jalur Pantura Brebes tidak perlu kuatir macet akibat perbaikan jembatan.

Seperti diketahui, peroses pengerjaan perbaikan (peninggian) Jembatan Pemali Brebes sempat molor selama 5 bulan. Namun, Senin 20 November 2023, pekerjaan paket perbaikan sebanyak 30 titik di Pulau Jawa (termasuk didalamnya peninggian Jembatan Pemali Brebes) dinyatakan selesai dan bisa dilalui atau diakses pengendara. 

Hal itu terungkap saat pembukaan simbolis dari Construction Manager (CM) PT Baja Titian Utama area Jateng M Fathoni Jalaluddin dan PPK 1.1 Wilayah Tegal Bina Marga Jateng Wisnu Herlambang. Turut hadir, Kasat Lantas Polres Brebes.

Pada kesempatan itu, Construction Manajer Baja Titian Utama M Fathoni Jalaludin tak menampik jika proses pengerjaan peninggian Jembatan Pemali Brebes sempat mengalami keterlambatan hingga 5 bulan. Namun, pihaknya mengaku bersyukur, akhirnya peninggian Jembatan Pemali di jalur Pantura Brebes bisa selesai. 

BACA JUGA:Jalur Pantura Brebes-Pemalang Diperbaiki, Sambut Arus Mudik Nataru 2024

Fathoni menyebut, banyak kendala teknis selama pengerjaan Jembatan Pemali Brebes yang ditargetkan selesai dalam kurun waktu 10 bulan. Yakni, mulai dari banjir hingga peralatan teknis yang berdampak pada waktu pengerjaan.

"Karena sesuai teknis, pengerjaan Jembatan Pemali harus ditinggikan 1,5 meter. Tujuannya, agar gelagar jembatan tidak menyentuh debit air sungai saat banjir," terangnya kepada awak media.

Selama proses pengerjaan jembatan, lanjut Fathoni, sedianya mulai dikerjakan bulan September 2022. Waktu tersebut, belum menghitung proses pembongkaran kerangka jembatan lama. 

Adapun target pengerjaan selesai pada April 2023. Namun, ujar Fathoni, molor karena masalah cuaca. Seperti mengalami debit air sungai cukup tinggi hingga memperlambat proses pengerjaan. 

BACA JUGA:Ratusan Kades dan Perangkat Desa di Brebes Demo, Ini Hasil Audiensinya dengan DPRD

Harapannya, jembatan CH Pemali yang mulai difungsikan ini akan memperlancar arus lalu lintas jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Brebes AKP Rahandi Gusti Pradana menambahkan, dengan difungsikannya Jembatan Pemali baru di sisi utara jalur Pantura Brebes, maka rekayasa arus lalu lintas pada jembatan sisi selatan sudah tidak diberlakukan. 

Sedangkan, untuk mengantisipasi kendaraan berat kelebihan muatan akan tetap dialihkan melalui Jalingkut maupun tol.

"Agar arus lalin di jalur Pantura tetap lancar, semua kendaraan berat tetap akan dialihkan melalui Jalingkut. Sehingga, kepadatan arus kendaraan jalur Pantura bisa diminimalisir. Yakni, hanya diperuntukkan kendaraan pribadi maupun angkutan umum," imbuhnya. (*)

Sumber: