Pemkot Tegal Gulirkan Sembako Murah Sebanyak 4.000 Paket dengan Harga Rp25 Ribu

Pemkot Tegal Gulirkan Sembako Murah Sebanyak 4.000 Paket dengan Harga Rp25 Ribu

Walikota Tegal menyerahkan secara simbolis paket sembako murah bersubsidi--

RADAR TEGAL - Di tengah-tengah harganya yang mahal, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelontorkan paket sembako murah bersubsidi. Dengan program itu, warga bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah.

Paket sembako murah tersebut berisi beras 5 Kilogram, minyak 1 botol dan gula 1 kilogram. Launching program sembako bersubsidi dilakukan secara simbolis Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono di Pendopo Kecamatan Tegal Barat, Senin 20 November 2023.

Hadir dalam launching program sembako murah bersubsidi, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Marwadi, Wakil Kepala Bulog Cabang Pekalongan. Serta, Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan M. Rudy Harsetyawan dalam laporannya menyebut sembako murah yang pihaknya siapkan yakni sebanyak 4.000 paket. Itu, akan didistribusikan di 4 Kecamatan yang ada di Kota Tegal.

BACA JUGA:Harga Beras Naik Lagi, Emak-emak di Tegal Bersyukur Ada Sembako Murah

"Untuk paketnya sendiri berisi beras premium 5 kilogram, minyak 1 botol, gula 1 kilogram, dan produk UKM. Masing-masing penerima manfaat, datanya diperoleh dari masing-masing kelurahan,"katanya.

Menurut Rudy, jika dikalkulasi maka harga per paketnya Rp125.000. Namun, dengan adanya subsidi dari Pemkot, maka masyarakat hanya perlu membeli dengan harga Rp25.000.

Rudy mengungkapkan, sasaran penerima program paket sembako murah itu terdiri dari 2 kelompok. Yakni, masyarakat secara langsung yang belum mendapatkan bantuan sebelumnya dan pelaku UKM.

"Sasarannya, ada masyarakat yang belum pernah dapat bantuan baik dari pusat maupun daerah. Serta para pelaku UKM,"ujarnya.

BACA JUGA:Warga Tegal Rela Berdesakan di Depan Pasar Pagi Demi 1.000 Paket Sembako Murah

Rudy juga menyampaikan bahwa penerima manfaat kegiatan hari ini ada dua, yaitu masyarakat langsung yang belum pernah dapat bantuan secara rutin dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah dan pelaku UKM.

Dalam sambutannya, Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono berharap sembako murah bersubsidi bisa tepat sasaran dan bermanfaat bagi para penerimanya. Sehingga, nantinya dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kita berharap masyarakat yang menerima subsidi adalah orang yang tepat. Jangan sampai sembarangan,"ujarnya.

Dedy Yon menegaskan kegiatan sembako bersubsidi bertujuan untuk menekan atau mengendalikan harga. Serta menjaga kestabilan laju inflasi.

Sumber: