Bumijawa Dilanda Bencana Angin Kencang, BPBD Gercep Lakukan Assesment Korban

Bumijawa Dilanda Bencana Angin Kencang, BPBD Gercep Lakukan Assesment Korban

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah terjun langsung untuk melakuan assesment paska bencana angin kencang yang merusak atap tempat tinggal warga.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Untuk kesekiaan kalinya aksi cepat dilakukan BPBD Kabupaten Tegal dalam menyikapi bencana alam angin kencang disertai hujan lebat yang sempat merusak bangunan rumah penduduk di Dukuh Aren Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah menyatakan, akibat bencana alam hujan lebat disertai angin kencang tersebut membuat sedikitnya lima rumah warga mengalami kerusakan dibagian atap, baik rusak berat maupun ringan. 

"Bahkan ada tempat tinggal warga yang talud belakang rumahnya longsor dan membuat tempat tinggalnya mengalami rusak sedang," ujarnya Kamis 16 November 2023.

Dampak riil dari insiden bencana ini menurut data yang dimiliki, 1 rumah mengalami rusak berat, 1 rumah mengalami rusak sedang, dan 3 rumah mengalami rusak ringan. 

BACA JUGA:Pulang Studi Tiru Satuan Pedidikan Aman Bencana, BPBD Kabupaten Tegal Langsung Lakukan Sosialisasi

BACA JUGA:Wujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana, BPBD Kabupaten Tegal Studi Tiru ke Bantul

"Kalkulasi kerugian ditaksir mencapai Rp15 juta. Tidak ada warga yang mengungsi dalam insiden kali ini," cetusnya.

Menurutnya bencana alam ini bermula ketika Desa Bumijawa dan sekitarnya diguyur hujan dalam intensitas cukup tinggi disertai angin dan petir. 

Hal ini mengakibatkan atap beberapa rumah terdampak dan mengalami kerusakan serta talud longsor. 

"Upaya assesment kami lakukan paska bencana untuk merinci bantuan material yang dibutuhkan warga. Kami juga memberikan bantuan sembako untuk keluargha korban bencana dan melakukan koordinasi dengan Forkompincam Bumijawa," ungkapnya. (adv) 

Sumber: