Dinsos Kabupaten Tegal Gelar Rakor Pembinaan Karang Taruna

Dinsos Kabupaten Tegal Gelar Rakor Pembinaan Karang Taruna

Kepala Dinas Sosial memberikan suntikan motivasi ditengah gelar rakor karang taruna, kemarin.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Agenda pembinaan karang taruna dalam rangka pembangunan desa dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal. Kepala Dinsos Iwan Kurniawan berkesempatan hadir secara langsung dalam kegiatan ini didampingi bidang pemberdayaan sosial dan kepahlawanan.

Ditegaskan bahwa pentingnya peranan pemuda dalam wadah pemuda karang taruna agar dapat membangun kesejahteraan sosial di tengah masyarakat. 

"Bahkan karang taruna diharap dapat menfasilitasi kreatifitas maupun mendorong pemuda dalam sosial agar meminimalisir sebuah kenakalan remaja,” ujarnya Kamis 16 November 2023.

Iwan juga mendorong optimalisasi kelembagaan karang taruna sesuai regulasi dan perannya. 

BACA JUGA:Kinerja TKSK Kabupaten Tegal Diapresiasi Dinsos: Bisa Menjadi Agen Perubahan Masalah Kesejahteraan Sosial

"Disini karang taruna dalam pemberdayaan diharapkan mampu mendorong produktifitas  warga terutama kalangan pemuda," cetusnya. 

Dia mendukung sepenuhnya penyelenggaraan rakor ini dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas kepengurusan karang taruna dalam melaksanakan peran sebagai wadah kepemudaan yang perduli dengan masalah kesejahteraan sosial di sekitar lingkungannya dan membangun jejaring kerja antar karang taruna se Kabupaten Tegal.

"Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan mempunyai peran sangat penting dalam masyarakat yang merupakan pilar kekuatan di dalam pembangunan baik di desa maupun kelurahan," ungkapnya. 

Dengan di adakannya rapat koordinasi karang taruna diharapkan bisa membantu peran pemerintah desa untuk memberdayakan semua potensi yang ada di desa. Mendorong desa bisa berkarya dan mandiri serta membantu program-program dari Kelurahan dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

BACA JUGA:Banyak Keluhan soal Bansos, Dinsos Undang Kades dan Lurah Se-Kabupaten Tegal Validasi Data Kemiskinan

Pihaknya juga memberikan masukan serta motivasi bahwa generasi muda harus berkarya, berinovasi, serta berbuat yang bermanfaat untuk desa, tidak hanya di nilai dengan uang karena setiap pekerjaan akan mendatang uang itu sendiri. 

Asalkan semuanya di jalankan sesuai  dengan prosedurnya dan tidak ada kata terlambat, masih ada waktu untuk berkarya, karena belim ada kata terlambat, semangat membangun desa. (adv) 

Sumber: