Lewat Jaga Desa, Kejari Brebes Ajak Pemdes Kelola Dana Desa dengan Baik

Lewat Jaga Desa, Kejari Brebes Ajak Pemdes Kelola Dana Desa dengan Baik

Bekerjasama dengan Pemkab Brebes Kejari Brebes melakukan sosialisasi dan bimtek Program Jaga Desa.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupatem (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kejaksaan Negeri (Kejari) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Jaga Desa di Aula Kecamatan Tanjung, Rabu 15 November 2023. Sosialisasi itu diikuti puluhan kades di tiga kecamatan di wilayah pantura. Yakni, Kecamatan Losari, Tanjung dan Bulakamba.

Usai sosialisasi, Kasi Intelijen Kejari Brebes Dwi Raharjanto mengatakan, lewat sosialisasi masyarakat akan tahu program jaga desa telah diluncurkan, untuk lebih memahami secara masif. Upaya ini sebagai bagian dari komitmen bersama untuk mengawal pembangunan daerah khususnya desa. 

"Program Jaga Desa ini merupakan program dari Kejaksaan di mana berfungsi untuk mengawal pemerintahan desa supaya bisa berjalan seusai dengan peraturan," ujarnya.

Dan tentunya, kata Kasintel, bisa membawa desa lebih sejahtera. Dan dalam sosialisasi tadi, pihaknya juga menyampaikan sejumlah informasi. Mulai dari terkait keuangan desa, restorative justice dan juga pendidikan politik.

BACA JUGA:Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Babakan Kabupaten Tegal Divonis 4 Tahun Penjara

"Nah itu, perlu kami sampaikan kepada aparatur desa perlunya wawasan penatausahaan keuangan dan berharap bisa dilaksanakan di tahun 2023 ini terkait pertanggungjawaban keuangan desa," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga berpesan kepada pemerintah desa terkait perencanaan pembangunan yang sudah direncanakan pada tahun ini bisa dapat selesai tepat waktu tepat mutu. Dan terkait laporan pertanggungjawabannya agar dibuat dengan tertib. "Itu menjadi akuntabilitas dari kegiatan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pemeritnahan Desa Dinpermades Kabupten Brebes Hengky Oxtovianto P menyampaikan sosialisasi hari ini diikuti oleh puluhan kepala desa dan sekdes dari tiga kecamatan. Yaitu, Kecamatamatan Losari, Tanjung dan Bulakamba.

"Sebelumnya kami juga melakukna hal yang sama di beberapa kecamatan. Dan hari ini diikuti oleh Kepala Desa dan Sekrtaris Desa di wilayah Kecamatan Losari, Tanjung dan Kecamatan Bulakamba," pungkasnya. (*)

Sumber: