Satukan Visi Misi Nakes, FOPTK Kabupaten Brebes Dilaunching

Satukan Visi Misi Nakes, FOPTK Kabupaten Brebes Dilaunching

Pelaunchingan FOTK ditandai dengan penyematan Pin dan pelepasan balon oleh Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Guna menyatukan visi dan misi tenaga kesehatan (nakes) agar tidak berjalan sendiri-sendiri Forum Organisasi Pengurus Tenaga Kesehatan (FOPTK) Kabupaten Brebes dilaunching. Pelaunchingan FOTK ditandai dengan penyematan Pin dan pelepasan balon oleh Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati menjelaskan, nakes memiliki satu wadah meskipun organisasinya berbeda-beda. Seperi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), IAI, Ikatan Bidan Insonesia (IBI), IDGI dan lain-lain. Karenanya, lewat FOTK diharapkan visi misi itu tercapai. 

"FOPTK di pimpin Edy Purwanto, Sekretaris Nuke Prasetya. Dan bendahara Uji Rahayu serta dilengkapi dengan seksi bindang," ujarnya.

Sebelumnya, Kadinkes Brebes menyebutkan, untuk HKN tahun ini di Kabupaten Brebes digelar secara sederhana. Apalagi, hingga bulan ini beberapa puskesmas melakukan penilaian reakreditasi.

BACA JUGA:27 Dokter dan Nakes RSUD Brebes Digembleng Soal Pekerti, Untuk Apa? 

"Tahun ini paling hanya upacara HKN yang digelar besok di halaman KPT Brebes dan resepsi. Karena memang hingga bulan ini masih ada puskesmas yang melakukan penilaian reakreditasi," ucapnya.

Meski digelar sederhana, namun sejumlah harapan diharapkan dapat terwujud dalam HKN tahun ini. Salah satunya, menyelesaikan PR di bidang kesehatan seperti meningkatkan umur harapan hidup yang merupakan komponen IPM di Bidang Kesehatan.

Peningkatan IPM di bidang kesehatan sendiri, kata Ineke, dilakukan melalui upaya penurunan AKI, AKB, dan Angka Kematian Balita (AKaBa), penurunan prevalensi stunting, menurunkan prevalensi penyakit menular dan penyakit tidak menular. Serta, meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui pemenuhan kebutuhan SDM Kesehatan, Sarpras kesehatan disemua jenjang fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dapat terwujud.

"Di HKN tahun ini, kami Dinkes bersama lintas sektor dan seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat bersinergi bersama mewujudkan transformasi kesehatan menuju Indonesia maju. Jangan lupa untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta melaksanakan Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat)," pungkasnya. (*)

Sumber: