Wajib Tahu, Ini Cara Cek KTP Dipakai Pinjol atau Tidak agar Tidak Disalahgunakan

Wajib Tahu, Ini Cara Cek KTP Dipakai Pinjol atau Tidak agar Tidak Disalahgunakan

Cara Cek KTP Dipakai Pinjol atau Tidak--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas mengenai cara cek KTP dipakai pinjol atau tidak. Karena jika sampai KTP digunakan pinjol orang lain akan berdampak buruk.

Belakangan ini banyak kasus mengenai KTP yang digunakan tanpa adanya izin untuk mengajukan pinjaman. Untuk itu, cara cek KTP dipakai pinjol atau tidak ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Penyalahgunaan data pribadi ini dapat merugikan banyak pihak karena memang sangat berbahaya. Karena itu, masyarakat harus paham bagaimana cara cek KTP dipakai pinjol atau tidak agar bisa lebih berhati-hati.

Cara cek KTP dipakai pinjol atau tidak ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjaga keamanan data pribadi. Kamu bisa cek secara rutin apakah KTP milikmu pernah digunakan untuk pinjaman atau tidak.

BACA JUGA:Mau Pinjam Uang? Ini Daftar Pinjol Legal Cepat Cair 2023 dengan Suku Bunga Rendah

KTP merupakan kartu identitas yang harus dirahasiakan isinya dari siapapun. Hal yang paling sensitif dalam KTP selain data pribadi seperti nama adalah Nomor Induk Kependudukan.

Untuk itu, sebisa mungkin jangan pernah menunjukkan KTP kepada orang yang tidak kamu percayai. Serta jangan pernah mau jika ada yang meminjam nama kamu untuk pinjaman online.

Berikut ini cara cek KTP dipakai pinjol atau tidak yang bisa kamu lakukan. Cara ini bisa kamu ikuti untuk mengecek KTP milik kamu.

Cara cek KTP dipakai Pinjol atau tidak

1. SLIK OJK Secara Online

Untuk mengecek KTP, kamu bisa menggunakan layanan SLIK OJK. Nanti, dari OJK akan menampilkan skor BI checking berdasarkan identitas yang kamu cari.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini 5 Cara Amankan KTP Agar Tidak Disalahgunakan Pinjol

Nantinya seseorang yang mengalami macet dalam pembayaran paylater atau pinjol akan berdampak pada skor kredit BI checking. Berikut tahap pengecekan yang bisa kamu lakukan.

a. Pertama, buka laman OJK iDebku

Sumber: