HKN 2023, Ini Pesan Kepala Dinas Kesehatan Brebes

HKN 2023, Ini Pesan Kepala Dinas Kesehatan Brebes

Kadinkes Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023 di Kabupaten Brebes digelar dengan sederhana. Namun, sejumlah harapan tertuang dalam peringatan HKN tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengutip sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, menyampaikan tema HKN tahun ini yakni "Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju".

"Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan" dan "Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak". Itulah amanat UUD 1945 bagi kita. Berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus," ujarnya, Minggu 12 November 2023.

Enam pilar yang dimaksud, kata Ineke, yakni pilar pertama, transformasi layanan primer. Dari fokus mengobati, menjadi mencegah.

BACA JUGA:Peringati HUT RI dengan Fun Game, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Siapkan Banyak Hadiah

Kemudian, pilar kedua, transformasi layanan rujukan. Dari akses layanan kesehatan yang susah, menjadi mudah. Pilar ketiga, transformasi sistem ketahanan kesehatan.

Pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan. Dari pembiayaan yang tidak efisien, menjadi transparan dan efektif.

Pilar kelima, transformasi SDM Kesehatan. Dan tenaga kesehatan yang kurang, menjadi cukup dan merata.

Pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan. Dari sistem informasi yang terfragmentasi, menjadi terintegrasi. Dari teknologi kesehatan yang tertinggal, menjadi terdepan.

BACA JUGA:RSUD Ir Soekarno Brebes Kekurangan Sarpras dan SDM, Kepala Dinas Kesehatan Akui Hal Ini

Dia juga menambahkan, untuk HKN tahun ini di Kabupaten Brebes digelar secara sederhana. Apalagi, hingga bulan ini beberapa puskesmas melakukan penilaian reakreditasi.

"Tahun ini paling hanya upacara HKN yang digelar besok di halaman KPT Brebes dan resepsi. Karena memang hingga bulan ini masih ada puskesmas yang melakukan penilaian reakreditasi," ucapnya.

Meski digelar sederhana, namun sejumlah harapan diharapkan dapat terwujud dalam HKN tahun ini. Salah satunya, menyelesaikan PR di bidang kesehatan seperti meningkatkan umur harapan hidup yang merupakan komponen IPM di Bidang Kesehatan. 

Peningkatan IPM di bidang kesehatan sendiri, kata Ineke, dilakukan melalui upaya penurunan AKI, AKB, dan Angka Kematian Balita (AKaBa), penurunan prevalensi stunting, menurunkan prevalensi penyakit menular dan penyakit tidak menular. Serta, meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui pemenuhan kebutuhan SDM Kesehatan, Sarpras kesehatan disemua jenjang fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dapat terwujud.

Sumber: