Musibah Angin Kencang Terjadi di 5 Titik di Kabupaten Tegal, Polres Gerak Cepat Amankan Lokasi

Musibah Angin Kencang Terjadi di 5 Titik di Kabupaten Tegal, Polres Gerak Cepat Amankan Lokasi

EVAKUASI - Polres Tegal dan elemen terkait bergerak cepat mengevakuasi korban dari insiden musibah angin kencang dan bencana alam.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis 9 November 2023 ternyata tidak hanya menghantam 2 wilayah. Polres Tegal mencatat musibah angin kencang di Kabupaten Tegal terjadi di 5 titik.

Lima titik tersebut di antaranya di Desa Semboja Kecamatan Pagerbarang. Di sini, musibah angin kencang mengakibatkan beberapa rumah rusak dan pohon tumbang yang terjadi sekira pukul 15.00 WIB. 

"Ada 7 rumah warga yang mengalami kerusakan dengan kerugian materiil yang ditaksir sejumlah Rp 58 juta. Kerusakan mulai dari tembok, atap, sampai dengan ruang dapur ambruk," ungkap Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SAH SIK, Jumat 10 November 2023.

Sementara lokasi musibah angin kencang kedua berada di Desa Cerih Kecamatan Jatinegara. Hujan deras mengakibatkan angin puting beliung dengan korban sebanyak 3 orang mengalami kerugian material seperti atap rumah, kerangka rumah, hingga rumah yang tertimpa pohon petai. Total kerugian senilai Rp8 juta. 

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang, 9 Rumah Warga dan Satu Musala Rusak

Selanjutnya terdapat dua lokasi terdampak yang berada di Kecamatan Balapulang. Terletak di Desa Banjaranyar RT 01 RW 01 Kecamatan Balapulang yang mengakibatkan satu unit bangunan roboh. Berupa rumah yang sedang dibangun menggunakan bahan kayu.

"Kejadian ini tidak menimbulkan korban juwa, namun mengakibatkan 3 orang luka-luka dan telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Soeselo," jelasnya.

Kemudian musibah angin kencang yang sama tejadi  di Desa Danawari. Terdapat pohon tumbang menutup akses lalu lintas dan langsung mendapatkan evakuasi dari warga,  Polres Tegal, BPBD. Selama kurang lebih 60 menit,arus  lalu lintas kembali lancar.

Pada lokasi ke-lima, terjadi di RT 10 RW 02 Desa Kedungsukun Kecamatan Adiwerna. Musibah angin kencang di sini mengakibatkan 2 buah tiang PLN roboh menimpa atap rumah warga. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Demak Study Tiru Penanganan Paska Bencana di Kabupaten Tegal

Korban yang sedang berada di rumah, menyaksikan atap rumah yang berbahan baja ringan terbang terbawa angin. 

"Seluruh kejadian tersebut di atas tidak menimbulkan korban jiwa, dan telah mendapatkan penanganan Polres Tegal beserta masing-masing instansi terkait," ungkapnya.

Aksi cepat dilakukan Polsek Jajaran Polres Tegal dalam mengamankan 5 kecamatan yang terdampat bencana hujan deras disertai angin puting beliung.

Masyarakat Kabupaten Tegal diminta waspada

Sumber: