Musibah Angin Kencang dan Kebakaran Terjadi di Kabupaten Tegal dalam Sehari, Anggota DPRD Beri Pesan Begini

Musibah Angin Kencang dan Kebakaran Terjadi di Kabupaten Tegal dalam Sehari, Anggota DPRD Beri Pesan Begini

BERI RESPON- Merespon musibah angin kencang dan kebakaran yang terjadi kemarin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tegal Aditya Zulton Prakosa meminta masyarakat untuk waspada.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Memasuki musim hujan di pekan pertama bulan November 2023, masyarakat Kabupaten Tegal diminta untuk terus mewaspadai musibah dan bencana alam. Salah satunya seperti musibah angin kencang dan kebakaran yang terjadi dalam waktu sehari, Kamis 9 November 2023 kemarin.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Aditya Zulton Prakosa meminta masyarakat untuk waspada. Karena bencana alam seperti musibah angin kencang bisa terjadi kapan saja.

Adit juga berpesan agar pohon yang sudah tinggi supaya ditebang. Karena saat hujan, biasanya terjadi musibah angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang.

Seperti yang terjadi di RT 10 RW 02 Desa Kedungsukun Kecamatan Adiwerna. Sebuah pohon tumbang yang mengakibatkan 6 rumah dan 1 masjid mengalami rusak ringan hingga berat akibat musibah angin kencang.

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang, 9 Rumah Warga dan Satu Musala Rusak

"Pohon itu mungkin karena sudah tua, sehingga ketika ada angin kencang, langsung roboh dan menimpa rumah warga," kata Adit, yang mewakili masyarakat di Dapil 2 meliputi Kecamatan Adiwerna, Dukuhturi dan Talang.

Musibah angin kencang juga menyebabkan 3 rumah rusak di Desa Cerih dan Argatawang Kecamatan Jatinegara. Serta mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Raya Kalibakung dan Danawarih Kecamatan Bojong serta Desa Slarang Kecamatan Dukuhwaru.

Selain musibah angin kencang itu, lanjut Adit, warga juga diminta waspada ketika sedang menyalakan kompor maupun menggunakan jaringan listrik.  

Karena jika lalai, akan terjadi kebakaran. Seperti yang dialami warga RT 13 RW 02 Desa Pagedangan Kecamatan Adiwerna. Rumah warga terbakar karena kelalaian, pada Kamis 9 November 2023 sekitar pukul 20.45 WIB. Beruntung peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun luka.

BACA JUGA:Pasar Darurat Wiradesa Pekalongan Ambruk Disapu Angin Kencang, 3 Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

"Biasanya menjelang akhir tahun banyak peristiwa dan bencana. Untuk itu, masyarakat harus selalu waspada dan hati-hati," kata Adit, yang saat ini duduk di Gedung Parlemen sebagai Wakil Ketua Komisi II.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di Kabupaten Tegal akan terjadi pada awal November 2023.

Sumber: