Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Mobil Diesel Sebelum Membeli

Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Mobil Diesel Sebelum Membeli

Keunggulan dan Kekurangan Mobil Diesel--

RADAR TEGAL – Mobil Diesel merupakan salah satu jenis mobil  lain selain mobil bensin. Berikut ini keunggulan dan kekurangan mobil diesel yang perlu Anda ketahui.

Mobil jenis ini diketahui menggunakan bahan bakar diesel seperti solar. Mobil diesel ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan mobil  diesel dibandingkan mobil bensin sebagai berikut.

Keunggulan Mobil Diesel

1. Irit Bahan Bakar

Melansir dari cars direct, rata-rata mesin moil diesel lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan kendaran berbahan bakar mesin.

Mobil diesel ini diketahui menghasilkan lebih banyak tenaga dari bahan bakar yang lebih sedikit karena mempunyai tingkat kompresi yang lebih tinggi.

Adanya tambahan sistem injeksi bahan bakar bertekanan tinggi, menjadikan penghematan bahan bakar menjadi lebih baik lagi.

BACA JUGA: Simulasi Kredit Wuling Air EV 2023, Cuma 6,6 Jutaan Per Bulan Bisa Bawa Pulang Mobil Bebas Uji Emisi

2. Perawatan Lebih Sedikit

Meskipun mobil Diesel masih menggunakan mesin pembakaran internal. Namun cara  kerja pembangkit tenaga diesel ini sangat berbeda dari mesin bensin sehingga bisa mengurangi perawatan dan meningkatkan umur mesin.

Adapun perbedaan utamanya yakni meisn diesel menggunakan udara panas terkompresi untuk menyalakan bahan bakar.

Meskanisme ini dapat mengurangi jumlah potensi kegagalan listrik dan menghasilkan mesin yang handa.

Untuk rentang waktu pemeliharaan yang dibutuhkan juga lebih lama.

BACA JUGA: Keunggulan Mitsubishi XFORCE 2023, Mobil Kekinian Berteknologi Canggih dengan Harga Terjangkau

3. Bahaya Kebakaan Lebih Rendah

Tahukah Anda bahwa kemungkinana bahan bakar menyala pada asaat terjadi kecelakaan pada mobil ini lebih rendah, karena mobil diesel ini memunyai titik nyala yang lebih tinggi daripada bensin.

4. Torsi yang Lebih Besar

Torsi merupakan kemampuan mesin untuk menggerakan kendaraan dari posisi diam.

Untuk desain mesin diesel ini, khususnya pembakaran bahan bakar yang lambat dan kompresi tinggi, menghasilkan torsi yang lebih besar daripada mesin lainnya.

Seperti yang Anda ketahui bahwa, torsi sama pentingnya dengan kemampuan untuk menarik beban dan berakselerasi. Torsi Ekstra inilah yang bisa membuat truk besar menggunakan mesin diesel.

BACA JUGA: Sebelum Membeli, Cek Kekurangan Honda Mobilio Agar Tak Menyesal di Kemudian Hari!

Kekurangan Mobil Diesel

1. Biaya Lebih Besar

Melansir dari edmuds, mesin diesel diketahui memiliki ongkos produksi yang lebih mahal daripada mesin bensin. Hal ini karena material mesin diesel labih kuat.

Untuk penggunaan material  yang lebih kuat ini tentu harus dilakukan karena mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Mantap, Harga Bekas Mobil Honda HR-V 2015 Mulai Rp150 Jutaan, Cek Spesifikasi Lengkapnya Disini

2. Biaya Perawatan yan Lebih Tinggi

Meskipun mesin diesel memerlukan intensitas servis yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin bensin dan biasanya bertahan lebih lama, namun biayanya justru lebih mahal untuk setiap servis.

Peningkatan biaya servis mesin turbodiesel ini didorong oleh suku cadang yang lebih mahal seperti busi pijar, perkakas khusus, dan teknisi khusus.

BACA JUGA: Review Toyota Calya 2023: Alami Perubahan Signifikan Mobil SUV Ini Cocok Untuk Keluarga

3. Performa Lamban di Iklim Dingin

Pada saat cuaca dingin, mesin diesel memiliki kecenderungan membentuk gel. Nah, untuk mengatasi hal ini, banyak orang mengakalinya dengan memasang pemanas blok mesin. Apabila digunakan di daerah yang lebih hangat maka mobil diesel akan lebih hemat bahan bakar.

BACA JUGA: Lebih Praktis dan Modern! Ini Daftar Harga Mobil Listrik Per November 2023

Demikian ulasan mengenai keunggulan dan kekurangan mobil diesel. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: