Hati-hati! Ini 4 Dampak Lakukan Keterlambatan Pembayaran SPaylater yang Disepelekan

Hati-hati! Ini 4 Dampak Lakukan Keterlambatan Pembayaran SPaylater yang Disepelekan

RADAR TEGAL - Jika Anda menggunakan paylater, risiko telat bayar tagihan paylater pasti ada saja alasannya. Entah karena lupa atau uangnya belum ada.

Shopee Paylater atau SPayLater merupakan layanan dari platform marketplace Shopee yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi pembelian barang dengan menggunakan dana talangan dari Shopee. Spaylater memungkinkan pengguna untuk membeli barang sekarang tapi bisa bayar di kemudian hari.

Biasanya penyedia layanan paylater ini akan memberikan denda. Sedangkan untuk aplikasi Shopee Paylater ada beberapa dampak lainnya.

Saldo yang dipinjam oleh pengguna harus dibayar melalui cicilan per bulan dengan beberapa pilihan termin pembayaran, antara satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan. Seperti keterlambatan pembayaran tagihan SPayLater akan berdampak pada 4 hal.

BACA JUGA: 5 Keuntungan Spaylater Terbaru Tahun 2023, Apa Saja yang Bisa Kamu Dapatkan saat Mengggunakan Ini?

4 Dampak Terlambat Pembayaran Tagihan SPaylater

  1. Dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan Anda
  2. Pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan Voucher Shopee
  3. Peringkat kredit pengguna di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah Anda untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain
  4. Kemungkinan dilakukan penagihan melalui telepon atau penagihan lapangan.

Jika melihat pada poin nomor 2, bisa saja akhirnya limit Shopee Paylater tidak bisa digunakan lagi karena telat bayar tagihan.

Lantas bagaimana cara mengatasi Shopee Paylater yang tidak bisa digunakan ini?

Pentama, Anda dapat memanfaatkan limit kembali setelah membayar keseluruhan tagihan. Kedua, untuk menghindari biaya keterlambatan, lakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo periode tagihan.

Anda juga dapat melunasi keseluruhan tagihan untuk periode berikutnya. Terakhir, jika SPayLater tidak dapat digunakan setelah Anda melunasi tagihan, hubungi Customer Service Shopee atau melalui email [email protected] dengan melampirkan bukti pembayaran.

BACA JUGA: 13 Langkah Mudah Membayar SPaylater dengan BSI Mobile, Aman dan Mudah

Demikian ulasan mengenai beberapa cara mengatasi Shopee Paylater yang tidak dapat digunakan karena telat membayar tagihan. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: