38 PKL Alun-alun Tegal Segera Direlokasi ke Lahan Perusda CMJT

38 PKL Alun-alun Tegal Segera Direlokasi ke Lahan Perusda CMJT

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan saat meninjau lokasi relokasi PKL Alun-alun Tegal--

RADAR TEGAL - Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang beraktivitas di sekitar kawasan Alun-alun Tegal, bakal segera direlokasi di lokasi yang baru. Yakni di lahan Perusahaan Daerah Citra Mandiri Jawa Tengah (Perusda CMJT) yang telah disewa pemkot.

Nantinya, para PKL Alun-alun Tegal itu akan menempati tenda yang saat ini sudah disediakan oleh Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan. Selama menempati lokasi tersebut, para pedagang akan dikenai retribusi.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan M. Rudy Harsetyawan mengatakan jumlah PKL Alun-alun Tegal yang akan menempati lokasi tersebut sebanyak 38 pedagang. Dari sebelumnya yang mendaftar sebanyak 188 pedagang.

"Dari 188 pedagang yang mendaftar, kita lakukan proses seleksi dari keaktivannya dan data base pedagang Alun-alun. Sehingga, nanti yang akan menempati sebanyak 38 pedagang," katanya.

BACA JUGA:Jalan Pancasila dan Malioboro-nya Tegal Masuk Kawasan Pedestrian, Parkir dan PKL Bakal Diawasi

Menurut Rudy, pihaknya sudah menyiapkan 38 tenda yang akan ditempati para PKL tersebut. Sementara untuk besaran retribusi yang akan mereka bayar yakni Rp18 ribu. Itu, perhitungannya, Rp2.000 untuk retribusi per meter persegi dikatakan luas tenda 3x3 meter.

Rudy mengaku meski sudah disiapkan tenda, namun para PKL Alun-alun Tegal itu belum bisa menempati lokasi yang baru. Sebab, saat ini masih dilakukan pemasangan instalasi listriknya.

Rudi menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk menata PKL, utamanya yang berada di Alun-alun Tegal. Itu, demi menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Sementara terkait parkir, kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Yakni, Dishub dan Satpol PP,"pungkasnya. (*)

Sumber: