BI Checking Buruk? Potensi Pengajuan Kredit Perbankan Anda Bisa Terancam, Ini yang Harus Dilakukan

BI Checking Buruk? Potensi Pengajuan Kredit Perbankan Anda Bisa Terancam, Ini yang Harus Dilakukan

Pengaruh dan Dampak Luar Biasa BI Checking Terhadap Beberapa Pengajuan Kredit: KPR, Kredit Kendaraan DLL--Image By stockking on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Memang tidak bisa dipungkiri pengaruh dan dampak yang ditimbulkan BI Checking terhadap sejumlah pengajuan kredit yang umum diajukan kepada Bank atau lembaga keuangan lain.

BI Checking atau yang sekarang lebih dikenal dengan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) yang diawasi oleh OJK, merupakan sistem yang berisi informasi yang dikelola oleh OJK.

Tujuan dari BI Checking atau SLIK sendiri sebagai pelaksanan tugas pengawasan dan pelayanan informasi di sektor keuangan yang salah satunya merupakan penyedia informasi debitur atau iDEB.

Namun tahukah kamu BI Checking atau SLIK ternyata memiliki pengaruh dan dampak yang luar biasa dalam pengajuan kredit.

BACA JUGA:Berapa Lama BI Checking Bisa Bersih Kembali? Begini Cara Mengatasinya

Perlu anda ketahui dahulu, bahwa segala transaksi yang berhubungan dengan akun bank yang anda miliki termasuk penarikan, pemasukan, dan pembelian yang menggunakan metode tunai atau kredit semuanya dicatat oleh SID(Sistem Informasi Debitur).

Selain itu SID atau bisa juga disebut dengan Sistem Informasi Debitur mencakup semua detail transaksimu. Informasi seperti jumlah cicilan, status pembayaran cicilan, dan total hutang yang dimiliki semuanya ada di SID.

Lalu mengapa SLIK atau BI Checking sangat berpengaruh di pengajuan kredit?

Pengaruh dan dampak BI Checking terhadap pengajuan kredit

1. Memudahkan Pengajuan KPR

Pada dasarnya pengajuan KPR sangat ditentukan sistem informasi tersebut. Jika anda memiliki rencana untuk membeli rumah idaman seperti rumah bertingkat atau apartemen anda bisa memanfaatkan produk Bank Kredit Pemilikan Rumah.

BACA JUGA:Penting! Ini Cara Terbaru Cek BI Checking Online Melalui 3 Platform: iDebku, IDScore, dan Aplikasi Skor Life

Namun biasanya pihak Bank akan memeriksa riwayat dari sistem informasi keuangan yang anda mililiki, jika dinilai layak dan sehat maka KPR bisa disetujui, hal ini juga berlaku untuk sebaliknya jika riwayat kredit yang anda miliki termasuk buruk maka pihak Bank akan mempertimbangkan dulu pengajuan KPR anda.

2. Sulit Mencicil Kendaraan Kredit

Sumber: