Simak Bun, 5 Tips agar Anak Cepat Gemuk dalam Seminggu

Simak Bun, 5 Tips agar Anak Cepat Gemuk dalam Seminggu

tips agar anak cepat gemuk--

RADAR TEGAL - Melihat si kecil yang bertubuh kurus pasti tidak tega ya, Bun. Oleh karena itu berikut tips agar anak cepat gemuk yang bisa kita coba.

Tips agar anak cepat gemuk berikut ini sangat aman ya, Bun. Mengutip dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri kisaran berat badan anak.

Jika anak belum memenuhi berat ideal, Bunda bisa mengikuti tips agar anak cepat gemuk ini. Maka berat badan anak akan langsung naik dalam seminggu.

Berikut tips agar anak cepat gemuk dalam seminggu. Seharusnya ideal berat badan anak di rentang usia 1-3 tahun adalah sebagai berikut: 

Usia 1 tahun: sekitar 9,6 kg untuk anak laki-laki, sementara anak perempuan adalah sekitar 8,9 kg.

Usia 2 tahun: antara 9.7-15.6 kg untuk anak laki-laki, sedangkan perempuan berkisar 9.0 kg-15.1 kg.

Usia 3 tahun: sekitar 14,3 kg untuk anak laki-laki, dan 13,9 kg untuk anak perempuan. 

BACA JUGA:Selain Menurunkan Berat Badan, Simak 7 Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet!

Penyebab kurusnya anak bisa macam-macam. Salah satunya bisa dari nafsu makan anak yang berkurang sehingga kuantitas makanan anak tidak memadai. Bunda bisa melakukan tips berikut ini:

Konsultasi pada ahli

Bunda bisa mengonsultasikan pada ahli atau pada ahli gizi. Nantinya dokter ahli akan memandu membuat pilihan terbaik untuk menu makanan si Kecil yang disesuaikan dengan usianya.

Bunda juga perlu konsultasikan pada dokter jika setelah melakukan berbagai cara di atas tapi berat badan anak tidak kunjung bertambah. Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah si Kecil memiliki gangguan atau kondisi kesehatan tertentu yang menghambat perkembangannya. 

Berikan makanan berkalori tinggi

Untuk tumbuh secara optimal, Bunda bisa memberikan anak makanan yang berkalori tinggi. Anak membutuhkan energi (kalori) yang berasal dari makanan bervariasi dan seimbang.

Jika anak kekurangan berat badan, mereka mungkin tidak mendapatkan cukup kalori. Beberapa makanan berkalori tinggi seperti jagung, kentang, nasi, roti gandum, daging ayam, dan lain sebagainya.

Ajak anak berolahraga

Olahraga ternyata bisa membantu agar berat badan anak naik drastis secara sehat. Karena, rutin beraktivitas fisik akan menambah massa otot tubuh yang berkontribusi pada peningkatan berat badan.

Sumber: