Penurunan Stunting 20 Daerah di Jateng Belum Signifikan, Pemprov Lakukan Percepatan dengan Strategi Ini

Penurunan Stunting 20 Daerah di Jateng Belum Signifikan, Pemprov Lakukan Percepatan dengan Strategi Ini

Pemprov Jateng akan melakukan percepatan penurunan stunting di 20 daerah di wilayahnya.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Penurunan stunting 20 daerah di Jateng hingga saat ini belum signifikan. Karena itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mengoptimalkan intervensi penanganan stunting di 20 kabupaten/kota tersebut.

"Saya akan perhatikan betul, dan akan intervensi ke bupati/walikota untuk bersama-sama lebih memaksimalkan kinerja,” kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat memberikan arahan kepada TP PKK kabupaten/kota se-Jawa Tengah di Kabupaten Pati  pada Senin, 6 November 2023. 

Untuk mengintervensi itu, Pemprov Jateng akan menerjunkan tim di 20 kabupaten/kota yang penurunan angka stuntingnya masih belum sigifikan. TNI-Polri juga akan bersinergi membantu menurunkan persoalan tersebut. 

Menurut Nana, sudah ada sekitar 15 kabupaten/kota sudah berhasil menurunkan stunting pada periode 2021 ke 2022. Bahkan pada 2022,  sejumlah daerah seperti Kota Semarang mampu menurunkan angka stunting sebesar 10 persen, dan Kabupaten Demak 9 persen dari angka tahun 2021. 

BACA JUGA:DP3AP2KB Brebes Genjot Penurunan Stunting Melaui Kelompok BKB, Begini Teknisnya

“Faktanya kalau kita serius ada contoh daerah yang bisa menurunkan stunting,” kata dia. 

Secara umum, gambaran prevenlansi stunting di Jawa Tengah pada 2022 masih pada angka 20,8 persen. Pada 2023, diperkirakan angka stunting di Jateng akan menurun. Hal itu karena dalam satu tahun terakhir Pemprov Jateng serius melaksanakan berbagai program untuk menekan angka stunting.

"Insyaallah di tahun 2023 ini, dengan upaya dan langkah-langkah sampai ke tingkat dasar, stunting ini kita upayakan menurun. Target kami pada tahun 2024 sebagaimana target dari pemerintah pusat adalah 14 persen," jelas Nana.

Menurut Nana, upaya penurunan angka stunting itu harus dikerjakan secara bersama-sama. Oleh karena itu, Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini penting,  guna membangun sinergitas berbagai stakeholder supaya mampu berkolaborasi menurunkan angka stunting. 

BACA JUGA:Gerdas Tasing, Upaya Pemerintah Tekan Angka Stunting di Brebes

Dalam kesempatan tersebut, ia meminta kepada TP PKK Kabupaten/Kota agar memaksimalkan peran Kader PKK hingga tingkat Dasa Wisma. Supaya mampu mengedukasi remaja dan orang tua dalam mencegah pernikahan dini. 

Selain itu, mengedukasi pasangan usia subur untuk menggunakan kontrasepsi pasca persalinan, meningkatkan gerakan ayo ke posyandu, dan bina keluarga balita untuk memantau tumbuh kembang anak.  

“Bahkan, mampu meningkatkan pemberian makanan tambahan bergizi dari pangan lokal yang murah dan mudah didapat, dan mengoptimalkan kinerja tim pendamping keluarga," bebernya. 

Ditambahkan Nana, masih ada Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penanganan stunting. Saat ini serapan BOKB di Jawa Tengah masih sekitar 64-74 persen. 

Sumber: