Pemilu 2024 Semakin Dekat, Polres Tegal Bentuk Satgasres Kamseltibcarlantas

Pemilu 2024 Semakin Dekat, Polres Tegal Bentuk Satgasres Kamseltibcarlantas

PATROLI - Giat patroli daerah rawan dilakukan Satgasres Kamseltibcarlantas Polres Tegal menjelang Pemilu 2024. -HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Persiapan untuk pelaksanaan Pemilu 2024 tidak hanya datang dari penyelenggara pemilu saja. Pihak kepolisian juga melakukannya. 

Terutama dalam hal pengamanan setiap tahapan Pemilu 2024. Salah satunya dengan pelaksanaan Operasi Mantab Brata Candi 2023-2024. 

Dukungan pada pelaksanaan operasi tersebut dilakukan Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK. Kepala Operasi Resor dalam Operasi Mantab Brata Candi kali ini membentuk 6 Satuan Tugas Resor (Satgasres).

Satuan tugas tersebut tentunya berkaitan dengan tugas pengamanan Pemilu 2024. Salah satunya seperti Satgasres Kamseltibcarlantas Ops Mantab Brata Candi 2023 - 2024.

BACA JUGA:Kawal Tahapan Pemilu, Polres Tegal Gelar Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024

Tugas utama dari Satgasres Kamseltibcarlantas adalah melakukan upaya pemeliharaan keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas di Kabupaten Tegal pada setiap tahapan pemilu. 

"Kasatgas yang ditunjuk adalah Kasatlantas Polres Tegal AKP Wendi Andranu, S.T.K., S.I.K. dengan dibantu oleh 3 Kasubsatgas yaitu Gatur (Penjagaan dan Pengaturan), Kawal (Pengawalan), dan Patroli," ungkapnya, Sabtu 4 November 2023 kemarin.

Kasatlantas AKP Wendi Andranu, S.T.K., S.I.K. ditemui terpisah menyatakan dalam Surat Perintah Kapolres Tegal nomor Sprin/1523/X/Ops.1.1.1./ 2023, pihaknya akan melaksanakan penugasan pengamanan di bidang lalu lintas pada seluruh tahapan Pemilu 2023-2024. 

"Kami dibantu 3 kasubsatgas sebagai upaya pemeliharaan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas di Kabupaten Tegal," tandasnya. 

BACA JUGA:Pemilu 2024, MUI Kabupaten Tegal: Carilah yang Kejelekannya Paling Sedikit

Untuk Kasubsatgas Gatur dipimpin oleh Iptu Priyo Dwi Susanto. Untuk Kanit Regident Satlantas memiliki tugas melaksanakan manajemen penugasan anggota pada bidang pengaturan, penjagaan lalu lintas, penindakan pelanggaran lalu lintas, pengamanan rute dan pengaturan lokasi parkir kegiatan tahapan Pemilu 2023-2024. 

Sementara Kasubsatgas Kawal dipimpin oleh Ipda Chrisna Adi Winata yang saat ini mejabat  Kanit Turjagwali Satlantas. Dia mengemban tugas melakukan manajemen penugasan anggota pada bidang pengawalan terhadap pejabat penyelenggara Pemilu 2024.

Termasuk soal capres dan cawapres, calon DPR, DPD dan DPRD, jurkam serta berkoordinasi terkait teknis dan jadwal pelaksanaannya sesuai dengan SOP Pengawalan dan cara bertindak khusus.

Untuk Kasubsatgas Patroli dipimpin oleh Ipda Setiadi Mujahidin SH yang juga menjabat  Kanit Kamsel Satlantas. Mereka mengemban tugas melakukan patroli pada daerah rawan, jalan-jalan yang akan dilalui pada kegiatan yang dilakukan oleh para penyelenggara dan peserta pemilu serta menggelar koordinasi dengan pihak terkait sebaik-baiknya. (*)

Sumber: