Sering Dijuluki Jepangnya Indonesia, 5 Fakta Unik Kota Tegal Ini Malah Jarang Diketahui Banyak Orang

Sering Dijuluki Jepangnya Indonesia, 5 Fakta Unik Kota Tegal Ini Malah Jarang Diketahui Banyak Orang

fakta unik kota tegal--

Sejarah nama Tegal berasal dari kata Tetegal, yakni kata yang digunakan untuk menyebut tanah subur dan menghasilkan tanaman pertanian.

Sumber lain menyatakan bahwa nama Tegal berasal dari Teteguall, yakni pemberian dari Tome Pires, pedagang dari Portugis yang mampir pada tahun 1.500-an.

Di masa lalu, Tegal merupakan desa kecil dekat tepi muara Kali Gung dan saat itu menjadi Bandar penghasil bumi. Ki Gede Sedayu inilah yang mengatur perairan (tetegalan), sehingga dinamakan sebagat Tegal.

BACA JUGA:Dinsos Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Tegal, Ini Strategi yang Dijalankan

Sang Kota Bahari

Lokasi Tegal yang berada di pesisir laut Jawa menjadikan wilayah ini disebut sebagai Kota Bahari. Tegal berkembang menjadi pusat perdagangan dan jasa.

Selain itu, Tegal juga sangat erat dengan kemaritiman. Sebutan Kota Bahari juga tersemat karena industri kapal yang sudah ada sejak tahun 1950-an di sana.

Selain itu, Tegal yang berlokasi di pesisir pantai juga menjadi salah satu pusat perikanan utama di Pantura (Pantai Utara). Tidak hanya industri besar, usaha kecil dan rumahan perikanan juga mudah ditemukan di sini.

Itulah beberapa fakta unik Kota Tegal yang perlu traveler tahu. Bagaimana? kamu berminat untuk mengunjungi Kota Bahari ini. (*)

Sumber: