Sering Dijuluki Jepangnya Indonesia, 5 Fakta Unik Kota Tegal Ini Malah Jarang Diketahui Banyak Orang

Sering Dijuluki Jepangnya Indonesia, 5 Fakta Unik Kota Tegal Ini Malah Jarang Diketahui Banyak Orang

fakta unik kota tegal--

RADAR TEGAL - Berikut 5 fakta unik Kota Tegal yang harus traveler tahu. Kota yang tetanggaan dengan Pemalang dan Pekalongan ini ternyata pernah mendapat julukan jepangnya Indonesia. 

Fakta unik Kota Tegal berikut ini harus kamu tahu sebelum berkunjung ke kota yang terkenal dengan wartegnya tersebut.

Namun tahukah kamu, sebagai kota yang mendapat julukan jepangnya Indoensia. Fakta unik Kota Tegal berikut ternyata jarang orang tahu.

Lalu apa saja fakta unik Kota Tegal yang harus kamu tahu sebelum mengunjungi kota ini. Simak ulasannya berikut ini.

Asal mula mendapat julukan Jepangnya Indonesia

Tegal mendapatkan julukan Jepangnya Indonesia lantaran munculnya industry pengecoran dan logam di tahun 1940. Berbagai industri ditujukan untuk memenuhi kebutuhan peralatan tentara Jepang untuk perang.

Orang Jepang saat itu memanfaatkan keahlian masyarakat sekitar dengan membuka bengkel sederhana. Alat-alat yang diproduksi berupa alat pertanian, onderdil mobil dan motor, perhiasan.

BACA JUGA:Musim Hujan, Ini Daftar Derah Rawan Banjir Kabupaten Tegal Hasil Pemetaan BPBD

Terkenal dengan Teh Slawi

Keunikan Tegal juga terdapat pada tradisi minum the. Biasanya teh khas Tegal memiliki tektur lebih kental jika dibandingkan dengan berbagai kota pesisir laut Jawa lainnya.

Masyarakat Tegal hidup sangat dekat dengan teh, bahkan terdapat ungkapan “Bukan orang Asli Tegal jika tidak suka minum teh”.

Pada sejarahnya, tradisi minum teh di Tegal telah ada sebelum abad ke-17 yang merupakan budaya dari Tiongkok. Sebelum memiliki produk teh sendiri, masyarakat Tegal meminum teh import dari Tiongkok langsung.

Teh Slawi sendiri terkenal akibat asal mula produsen teh paling terkemuka di Indonesia. Di daerah Slawi terdapat beberapa pabrik teh yang besar, dan lama-kelamaan menjadi ikon Tegal.

Sulit mencari warteg di Tegal

Warteg atau warung Tegal merupakan tempat makan yang berasal dari kota ini. Namun siapa sangka ternyata cukup sulit untuk menemukan warteg di Kota Tegal.

Warung nasi bernama Warteg ternyata sangat langka keberadaannya di Tegal. Konon, lahirnya istilah Warteg lahir dari Desa Sidapurna, Desa Sidakaton, dan desa Krandon.

Oleh sebab itu, ketiga desa di atas saat ini terkenal dengan sebutannya sebagai Kampung Warteg. Hal itu juga mendasar pada banyaknya penduduk desa setempat yang merantau dan memiliki usaha Warteg.

Asal-muasal nama Tegal

Sumber: