136 Mahasiswa Politeknik Purbaya Tegal Diwisuda, Dua SMK Dapat Penghargaan

136 Mahasiswa Politeknik Purbaya Tegal Diwisuda, Dua SMK Dapat Penghargaan

WISUDA - Sebanyak 136 mahasiswa Politeknik Purbaya Kabupaten Tegal diwisuda, di Lasnur Convention Hall Slawi Kabupaten Tegal, Sabtu 28 Oktober 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Sebanyak 136 mahasiswa Politeknik Purbaya Kabupaten Tegal diwisuda. Sidang senat terbuka wisuda ke 3 ini dipusatkan di Lasnur Convention Hall Slawi Kabupaten Tegal, Sabtu 28 Oktober 2023.

Sidang dipimpin Direktur Politeknik Purbaya Tegal Muhammad Nursyams Hilmi. Hadir dalam prosesi sakral itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. H. Abdul Fikri Faqih, Pembina Yayasan Pertiwi di Tegal Ir Suharmanto, jajaran dosen dan para orangtua wisudawan.

Dalam sidang itu, Muhammad Nursyams Hilmi menjelaskan, mahasiswa Politeknik Purbaya Tegal yang lulus tahun 2023 ini sebanyak 148 mahasiswa. Rinciannya, Prodi Teknik Informatika (TI) 134 wisudawan, dan Prodi Teknik Mesin 14 wisudawan. Namun, jumlah yang diwisuda hanya 136.

Disebutkan, wisudawan peraih indeks prestasi komulatif (IPK) tahun ini yakni Filsyvatun Qolbu dari Prodi TI dengan nilai 3,85. Selain itu, Monika Dian Rismitha dari Prodi TM dengan IPK 3,80.

"Alhamdulillah sudah ada wisudawan yang langsung diterima bekerja. Dan dari treaser study lulusan tahun 2022 lalu, juga sama. Mudah mudahan ini menjadi pertanda baik, bahwasanya alumni Purbaya bisa berkarya sesuai bidangnya," kata Muhammad Nursyams Hilmi.

Disebutkan, sidang senat kali ini mengusung tema soal Kolaborasi dalam Dunia Pendidikan Vokasi, untuk Mendorong Peran Pemuda yang Siap Kerja, Siap Wirausaha sebagai solusi Permasalahan Daerah.

Dia berharap, Politeknik Purbaya bisa berkiprah dalam memajukan program-program pemerintah daerah. Saat ini, kampus politeknik yang berlokasi di Desa Kajen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal menerapkan kurikulum Pendidikan Vokasi Technopreneur.

Dsngan menerapkan itu, diharapkan bisa menciptakan lulusan Siap Usaha dan Siap Kerja sebagai implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar.

Sejauh ini, pihaknya mengaku juga sudah bekerjasama dengan dunia industry baik daerah maupun skala nasional. Bahkan, yang terbaru menjalin kerjasama dengan International Cultural Communication Center Malaysia (ICCCM).

"Semua ini sebagai upaya agar mutu pembelajaran meningkat dan lulusannya lebih berkualitas sesuai dengan bidangnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada dua sekolah menengah kejuruan (SMK) yang telah berkerjasama khususnya dalam berkontribusi sehingga lulusannya melanjutkan study di Politeknik Purbaya. 

Kedua sekolah itu yakni, SMK Binus Slawi dan SMK Negeri 1 Slawi.

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Abdul Fikri Faqih selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang telah memberi dukungan dan orasi ilmiah dalam sidang ini," imbuhnya.

Sumber: