Harga Beras Masih Tinggi, Bulog Bakal Blusukan ke Desa di Brebes untuk Operasi Sembako Murah

Harga Beras Masih Tinggi, Bulog Bakal Blusukan ke Desa di Brebes untuk Operasi Sembako Murah

Warga nampak antusias membeli paket sembako murah di operasi pasar, kemarin di Pasar Induk Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Bulog Cabang Pekalongan melalui gudang Bulog Cimohong Brebes berencana bakal blusukan ke desa-desa untuk gelar operasi sembako murah. Hal itu menyusul harga beras yang masih cukup tinggi di pasaran.

"Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) termasuk di dalamnya ada Bulog bakal blusukan ke desa untuk gekar operasi sembako murah. Ini untuk memaksimalkan agar operasi bisa sampai ke masyarakat," ujarnya, Jumat 27 Oktober 2023.

Sebelumnya, pihaknya menggelar operasi sembako murah di Pasar Induk Brebes, Kamis 26 Oktober 2023 lalu. Hal serupa juga bakal dilakukan pihaknya di sejumlah titik.

Sekedar informasi, harga beras di pasaran hingga saat ini menyentuh angka Rp14.000 per kilogram untuk kualitas medium dan Rp17.000 untuk kualitas premium. Operasi pasar sembako murah, sebelumnya juga sudah digelar di beberapa pasar tradisional seperti Banjarharjo, Jatibarang, Bumiayu termasuk Pasar Induk Brebes. 

BACA JUGA:BRI Cabang Brebes Salurkan 8000 Paket Beras Kepada Masyarakat

Dia menegaskan, untuk saat ini stok beras yang ada di Gudang Cimohong masih cukup sampai akhir tahun. Per 1 September pemerintah menaikkan harga beras Bulog dari Rp8.300 menjadi Rp9.950 per kg.

Untuk menstabilkan harga Bulog bekerja sama dengan dinas terkait untuk melakukan operasi pasar. 

"Bekerjasama dengan instansi terkait sebagai salah satu langkah upaya kami dalam melaksanakan operasi pasar serta program gerakan pangan murah bersama dengan Dinas Pertanian ketahanan pangan dilaksanakan secara masiv," imbuhnya.

Salah seorang pembeli Mernasari (40) mengaku terbantu dengan operasi pasar yang digelar untuk menstabilkan harga. Dia mengaku membeli paket sembako berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir dengan harga Rp80 ribu.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah, BUMD Jateng Bagi-bagi Beras Subsidi 170 Ton Senilai 510 Juta

Menurutnya harga tersebut lebih murah dari harga pasaran. 

"Per paket sembako harganya Rp80 ribu, dapatnya beras 5 kilo, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 1 kilo. Harga ini jauh lebih murah dibanding di pasaran," tukasnya. (*)

Sumber: