Pahami 8 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Kena Tipu, Dapat Unit Bagus dengan Harga Miring

Pahami 8 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Kena Tipu, Dapat Unit Bagus dengan Harga Miring

Tips membeli mobil bekas.--

RADAR TEGAL – Mobil kini banyak diminati untuk keperluan sehari-hari. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas dan ingin membeli mobil bekas. Berikut tips membeli mobil bekas yang perlu Anda ketahui.

Bagi beberapa orang membeli mobil baru bukanlah sbeuah keharusan. Karena, nilai mobil akan terus menurun bahkan seklaipun masih belum lama dimiliki oleh tangan pertama. Sebagiannya lagi, tetap memilih untuk membeli mobil bekas.

Melansir dari otoklix.com, berikut tips membeli mobil bekas.

BACA JUGA: 5 Daftar Mobil SUV Terbaik, Solusi untuk Melakukan Perjalanan Jauh yang Menyenangkan

8 Tips Membeli Mobil Bekas

1. Sesuaikan dengan budget Anda

Sebelum membeli mobil, sebaiknya Anda mnegetahui terlebih dahulu kira-kira berapa  harga mobil yang ingin Anda beli.

Dengan begitu, Anda bisa merencanakan skema pemmbayaran sejak awal dan tidak membebani keuangan.

Nah, apabila memungkinkan, maka beli dari pemmiliknya langusng untuk bisa mendapatkan harga lebih murah jauh lebih baik, ya.

Pembelian mobil sendiri biasanya bisa Anda lakukan dengan cara tunai, kredit, ataupun over kredit.

Apabila Anda memilih untuk kredit, maka perhatikan bunga yang dibebankan. Nah, untuk bisa mengurangi beban cicilan, Anda bisa memilih pembayaran uang muka cukup besar atau memilih jangka waktu pembayaran cicilan yang lebih panjang.

Pastikan juga angsuran per bulannya tidak lebih dari 35 persen pemasukan bulanan, ya.

BACA JUGA: Apa Itu Mobil SUV? Ketahui Karakteristik dan Jenisnya

2. Meneliti siapa penjualnya

Meneliti siapa penjual mobilnya merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Jangan sampai mobil yang Anda beli merupakan mobil hasil pencurian, penipuan, atau kejahatan lainnya.

Kalaupun mobil tersebut dititpkan ke dealer, maka cari tahu terlebih dahulu kenapa mobil tersebut dijual dan alasan mobil dititip jual ke dealer  itu apa, ya.

3. Melakukan survei sebelum beli

Tips membeli mobil bekas berikutnya yakni dengan melakukan survei secara langsung. Survei sendiri bisa dilakuakn dnegan cara online ataupun offline.

Adapun survei offline bisa Anda lakukan dengan mendatangi dealer offline. Dengan begitu, Anda bisa melihat secara langsung ketersediaan dan kondisi mobil, ya.

BACA JUGA: Terbaru! Berikut Daftar Harga Mobil Honda dan Daihatsu per Oktober 2023

4. Cek kondisi eksterior  mobil

Tahukah Anda, bagian pada mobil yang pertamakali harus Anda cek yakni eksterior mobil yang mencakup komponen lainnya juga.

Pertama, Anda perlu mengecek bodi mobil. Sebaiknya pilih mobil yang tidak memiliki banyak modifikasi pada bagian bodinya, ya.

Lalu, cek juga bagian suspensinya. Caranya, dengan melihat apakah mobil miring atau tidak, lalu apakah  berayun ketika meutup pintu bagasi atau tidak.

Berikutnya,cek juga kondisi ban. Ban yang kondisinya sudah jelek akan menjadi beban bagi Anda yakni harus membeli ban baru atau melaukan spooring lagi.

Kemudian, cek juga pada bagian kampas rem. Kampas rem yang  bagus setidaknya masih mempunyai ketebalan minmal sisa1/4 ya/.

BACA JUGA: Spesifikasi Toyota Calya Terbaru, Mobil LCGC Murah dengan Kelebihan Fitur dan Kabin yang Mampu Tampung 7 Orang

5. Periksa kondisi mesin

Salah satu hal penting lalinnya yakni dnegan memeriksa bagian mesin mobil. Sebab, mesin merupakan salah satu bagian yang paling penting pada saat melakukan pembelian mobil bekas.

Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, misalnya saja kebocoran oli atau komponen lainnya. Perhatikan juga bagaimana suara yang keluar pada saat mesin mobil menyala,  apakah halus atau kasar.

6. Cek askesoris dan interior mobil

Anda juga perlu mengecek interior mobil. Contohnya saja  sistem audio, AC,  atau  switch lampu.

Pastikan juga semua fitur dalam kabin mobil berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, coba duduklah di jok depan dan belakang, periksa  dasgboard, palfon, dan karpet.

Interior berbau apak bisa menjadi indikasi bahwa mobil pernah  terendam banjir.

BACA JUGA: Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Hati-hati Bisa Ancam Keselamatan Berkendara Anda

7. Test dirve

Salah satu hal penting lainnya yang perlu Anda  perhatikan ketika akan membeli mobil  bekas yakni lakaukan test drive.

Lakukan pengetesan dengan berbagai kondisi jalan dan kecepatan.  Rasakan juga bagaimana posisi dudk, respons pedal gas atau rem, ayunan suspensi pada saat melewati polisi tidur atau tanjakan, perpindahan transmisi, dan apakah mobil melaju dengan stabil atau tidak.

8. Periksa riwayat service kendaraan

Tips membeli mobil bekas berikutnya adalah memeriksa riwayat service kendaraan. Kalau usia mobil bekas masih tergolong muda, kita bisa mengecek apakah mobil rajin dirawat secara berkala di bengkel resmi. Dengan mengecek riwayat servis, kita bisa tahu servis apa saja atau komponen apa yang pernah diganti.

BACA JUGA: Mobil SUV Keren Toyota Raize 2023 Bisa Dicicil Mulai 3 Jutaan, Siap-siap Pengin Beli

Demikian ulasan mengenai tips membeli mobil bekas.  Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: