Jangan Ngasal, Ini 6 Dampak Buruk Terapi Pijat bagi Kesehatan Tubuh

Jangan Ngasal, Ini 6 Dampak Buruk Terapi Pijat bagi Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Terapi Pijat bagi Kesehatan Tubuh | Foto: NU Online--

RADAR TEGAL – Dari dulu, pijat diyakini bisa memberikan manfaat fisik dan emosional bagi tubuh. Mulai dari bisa meredakan cedera otot hingga bisa mengurangi stres dan cemas. Berikut resiko terapi pijat bagi kesehatan tubuh

Namun, tahukah Anda bahwa pijat juga memiliki efek samping yang bisa berisiko pada kesehatan, lho. Melansir dari Wolipop.detik.com, berikut efek samping pijat bagi kesehatan tubuh.

Efek Samping Pijat bagi Tubuh

1. Alergi

Tahukah Anda bahwa pada saat melakukan pijat, banyak terapis yang memadukannya dengan minyak pijat, lotion, atau pun minyak aromaterapi yang ternyata dapat memicu reaksi alergi, lho.

Hal tersebut bisa Anda atasi dengan mencoba terlebih dahulu minyak pijat yang digunakan.

BACA JUGA: Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan, Tanaman yang Disebut Rasulullah SAW Bisa Usir Gangguan Jin

2. Rasa sakit

Tidak hanya bisa menimbulkan alergi, beberapa teknik pijat juga bisa menimbulkan rasa nyeri sehari setelah melakukan pemijatan, lho.  Adapun teknik pijat tersebut akan melibatkan beragam tekanan baik lembut atau pun kuat.

Biasanya, teknik terseubt bertujuan untuk mengobati  luka atau jaringan otot. Pijat yang seharusnya tidak menyakitkan, terlepas dari  apapun itu tekniknya.

Apabila pada saat dipijat Anda merasakan sakit, sebaiknya segara beritahu terapis supaya  dia bisa memberikan tekanan yang bisa ditolerir oleh tubuh, ya.

3. Kerusakan saraf

Banyak pakar yang memperingatkan bahwa pijat dapat menyebabkan kerusakan saraf, meskipun jarang terjadi. Richard Brassaw dari situs Disability Happens mengutip penelitian yang dilakukan oleh Arizona May Clinic yang mengungkapkan bahwa pijat terlalu dalam dan kencang bisa menyebabkan kerusakan saraf di area leher dan bahu.

Kerusakan bisa terjadi jika terapis memberikan tekanan pijat yang berlebihan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Rempah-Rempah untuk Kesehatan Tubuh, Benarkan Bisa Mengurangi Kerusakan Sel-Sel Tubuh?

4. Gula darah rendah

Tahukah Anda The University of Maryland Medical Center (UMMC) menyarankan supaya penderita diabetes untuk memeriksa tekanan darah selepas pijat.

Sebab, terapi pijak terkadang bisa membuat tekanan gula darah menurun. Tidak hanya itu, UMMC juga merekomendasikan bahwa penderita diabetes yang suka pijat secara rutin juga harus membuat grafik untuk melihat bagaimana pola dari gula darahnya.

5. Terdapat gumpalan darah

Terapi pijat juga bisa sangat berbahaya bagi Anda yang mempunyai gumpalan darah dalam tubuh. Dengan melakukan pijat, maka gumpalan darah tersebut bisa berpindah tempat ke jantung dan stroke. Hal tersebut dikemukakan oleh situs kesehatan Body Worker.

6. Cidera

Tahukah Anda bahwa melakukan terapi pijat yang kurang profesional juga bisa berpeluang memberikan luka selama perawatan. Namun, spesialis rahabilitas fisik Dr Robert Gotblin yang bekerja di Beth Israel Medical Center di New York, mengatakan bahwa masalah biasanya muncul ketika orang yang dipijat sudah luka atau bermasalah.

BACA JUGA: 5 Cara Mencari Teh Kualitas Unggul untuk Kesehatan Tubuh

Adapun cidera akibat terapis yang tak profesional, cenderung berisiko rendah karena sebelum menjadi terapi mereka harus mendapatkan lisensi yang sah dan Anda berhak untuk melihat lisensi tersebut.

Demikian ulasan mengenai dampak buruk  terapi pijat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: