Dukung Gerakan Menabung di Kabupaten Tegal, Komisi IV DPRD Minta Tiap Sekolah Menerapkannya

Dukung Gerakan Menabung di Kabupaten Tegal, Komisi IV DPRD Minta Tiap Sekolah Menerapkannya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Achmad Jafar-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Dukung penuh Gerakan Menabung di Kabupaten Tegal, Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal menyebut jika gerakan tersebut harus dilakukan di tiap sekolah di Kabupaten Tegal. Tidak hanya SMP saja, tetapi gerakan bisa mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA atau sederajat.

Gerakan menabung yang dilakukan sejak dini akan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Di antaranya mengajarkan bertanggungjawab, belajar hidup hemat dan belajar mengatur keuangan. 

Selain itu juga mengajarkan anak untuk disiplin.

"Siswa juga bisa belajar menghargai uang yang mereka terima dari orang tuanya,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Achmad Jafar, Selasa 24 Oktober 2023.

BACA JUGA:Kelola Pengeluran Kamu Di Akhir Bulan Dengan 4 Tips Menabung Uang Saat Gajian

Belum lama ini dirinya menghadiri acara Gerakan Pelajar Menabung tingkat Kabupaten Tegal di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal. Peluncuran program tersebut ditandai dengan pemberian beasiswa miskin dan siswa berprestasi.

Menurut Jafar, saat ini Jawa Tengah terpilih sebagai pilot project Gerakan Indonesia Menabung. Dengan begitu, setiap Senin ditetapkan sebagai hari menabung di kalangan pelajar. 

"Gerakan ini khusus untuk siswa SMP se-Jawa Tengah," ujarnya.

Dia menyatakan, gerakan menabung ini memiliki nilai edukasi dan ekonomi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Satu Murid 1 Rekening, Simpel Bank Brebes Budayakan Siswa Gemar Menabung Rp2.000

Dia menegaskan, kegiatan menabung yang dilakukan secara masif ini mempunyai manfaat yang besar. Karena itu, Jafar mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkomitmen menjalankan Gerakan Pelajar Menabung ini.

"Saya yakin, gerakan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tegal," imbuhnya. (*)

Sumber: