Kenalin Nih JIG, Aplikasi yang Mengatasi Permasalahan Pembangunan Berkelanjutan yang Baru Dilaunching

Kenalin Nih JIG, Aplikasi yang Mengatasi Permasalahan Pembangunan Berkelanjutan yang Baru Dilaunching

Kepala Baperlitbangda Brebes Apriyanto Sudarmoko saat sambutan dalam peluncuran JIG, di Pendopo Brebes, Rabu 25 Oktober 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Guna mengatasi permasalahan mengenai pembangunan berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) setempat meluncurkan jaringan informasi geospasial (JIG), Rabu 25 Oktober 2023. Peluncuran ditandai dengan hand tap pada layar vidiotron di Pendopo Brebes.

Hadir dalam peluncuran aplikasi itu, Kepala Pusat Pengelola dan Penyebarluasan Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial Rachmad Rifai, PJ Bupati Brebes dan Kepala Baperlitbangda Brebes Apriyanto Sudarmoko. Serta sejumlah tamu undangan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengatakan, peluncuran JIG ini merupakan pengambilan keputusan dala. mengatasi berbagai masalah mengenai pembangunan berkelanjutan. Terutama dal hal menciptakan kebutuhan yang berkembang dan mengatur data lintas disiplin dan organisasi melalui pengembangan. JIG pada dasarnya ialah tentang fasilitas dan koordinasi pertukaran dan berbagi data spasial antara pemangku kepentingan dan komunitas data spasial.

Dalam Hierarkinya, lanjutnya, pembangunan JIG, Pemda berpartisipasi sebagai pengguna dan penghasil data Geospasial. Di mana, nantinya pemerintah daerah bertindak sebagai pihak yang menjalankan rencana strategis dan menjalin hubungan kerja sama dengan swasta, komunitas daerah, instansi di provinsi dan instansi di daerah.

BACA JUGA:Kejar Keterlambatan, Pembangunan Mall Pelayanan Publik di Kota Tegal Dikebut

"Pemerintah daerah memiliki peran untuk memproduksi data Geospasial dalam skala besar. Serta memberikan motivasi pada para pemangku kepentingan untuk berbagi data Geospasial," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Baperlitbangda Brebes Apriyanto Sudarmoko dalam laporannya mengatakan, peluncuran JIG itu merupakan bentuk komitmen untuk melaksanakan proses perencanaan yang baik. Serta mendukung kebijakan satu data Indonesia dan mewujudkan cita-cita Smart City Kabupaten Brebes.

"Di JIG ini sudah ada penyelenggaraan infromasi geospasial dasar. Yaitu, telah dilaksanakan updating nama rupabumi. Ini merupakan hasil pengumpulan dan sudah terinput di aplikasi SINAR," jelasnya.

Dia menambahakan, untuk pembinaan penyelenggaraan infromasi geospasial tematik, Pemkab Brebes sedang mengajukan permohonan untuk mendapatkan Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST). Ini tidak lain sebagai bahan analisis untuk melakukan mereview terhadap Perda RTRW.

BACA JUGA:Dibutuhkan dalam Pembangunan, Informasi Geospasial Harus Akurat dan Berkualitas

"Sedangkan terkait dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang informasi geospasial, telah dilaksanakannya bimbingan teknis oleh BIG kepada personel SDM di beberapa PD terkait. Dan acara hari ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dari kegiatan sebelumnya. Yaitu kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis penyelenggaraan JIG yang dilaksanakan atas kerja sama antara BIG dengan Baperlitbangda Brebes," pungkasnya. (*)

Sumber: