Dibutuhkan dalam Pembangunan, Informasi Geospasial Harus Akurat dan Berkualitas

Dibutuhkan dalam Pembangunan, Informasi Geospasial Harus Akurat dan Berkualitas

SOSIALISASI - Sejumlah peserta mengikuti sosialisasi pengukuran geospasial di BPP Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Kamis 12 Oktober 2023. Saat ini informasi geospasial sangat penting.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Dibutuhkan dalam pembangunan di Indonesia, informasi geospasial harus akurat dan berkualitas. Hal ini seperti ditegaskan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kramat Kabupaten Tegal Mohammad Nawawi belum lama ini.

Pihaknya mengatakan, Informasi Geospasial atau IG ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pembangunan di Indonesia. Dengan IG, maka percepatan pembangunan di seluruh Indonesia dapat terwujud. 

BPP Kramat Kabupaten Tegal menggelar sosialisasi pengukuran geospasial lahan pertanian, Kamis 12 Oktober 2023. Acara yang dipusatkan di Aula BPP setempat ini diikuti puluhan peserta.

Mereka terdiri dari perangkat desa, perwakilan kelompok tani, dan penyuluh pertanian lapang (PPL).

BACA JUGA:Informasi Geospasial Penting sebagai Dasar Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Sosial

Nawacita pemerintah 

Salah satu nawacita pemerintah saat ini yaitu pembangunan dimulai dari daerah pinggiran atau desa. Dengan terbangunnya desa, maka dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. 

Karenanya, sangat dibutuhkan informasi geospasial yang akurat dan berkualitas. Menurut Nawawi, informasi geospasoal sangat dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan.

Di antaranya pemetaan Batas Wilayah Desa, Sistem Informasi Desa (SID) berbasis geospasial serta pemetaan mitigasi bencana.

"Peserta sosialisasi ini cukup aktif dan antusias, banyak diskusi yang tercipta," kata Nawawi, Selasa 17 Oktober 2023.

BACA JUGA:Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, IBN Gelar Pelatihan Dukungan Psikososial

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini para peserta mampu mendata dan membuat peta polygon atau geometri yang membentuk luasan. 

Sumber: