Desakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Banjarturi Kembali Mencuat, Pj Dinilai Kurang Maksimal

Desakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Banjarturi Kembali Mencuat, Pj Dinilai Kurang Maksimal

UNJUK RASA - Sejumlah warga saat melakukan unjuk rasa soal Pemilihan Kepala Desa PAW Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, Senin 18 Oktober 2023 lalu.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Desakan warga untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) di Desa Banjarturi Kabupaten Tegal kembali mencuat. Hal ini menyusul kurang maksimalnya pejabat sementara (Pj) yang ditunjuk di wilayah desa tersebut.

"Beberapa bulan ini dipimpin oleh Pj. Menurut saya, ini kurang maksimal karena Pj-nya bukan warga Banjarturi," kata Kandar, salah satu warga Desa Banjarturi yang menginginkan adanya Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, Rabu 25 Oktober 2023. 

Karenanya, warga Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal tetap meminta agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) segera dilaksanakan.

Belum adanya Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, sehingga saat ini Desa Banjarturi dipimpin oleh Pejabat sementara (Pj) yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari kantor Kecamatan Warureja.

BACA JUGA:Sempat Gaduh, Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Dipastikan Bakal Seperti Ini

Pj menjabat di Desa Banjarturi setelah kepala desa sebelumnya mengundurkan diri karena menjadi calon anggota legislatif (caleg).

Sejauh ini, Kandar mengaku keinginan warga yang ingin ada pemilihan kepala desa antar waktu itu sudah disampaikan ke Bupati Tegal dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades). Jawaban yang diperolehnya, menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat.

"Kita sudah menunggu lama hasil pemeriksaannya seperti apa. Karena ini waktunya sudah mepet, ini sudah akhir bulan," ucapnya.

"Kami mohon agar Pilkades PAW Banjarturi dilaksanakan secepatnya," desak Kandar.

BACA JUGA:Amankan Aksi Damai Pendukung Calon Kades PAW Banjarturi Tegal, Kapolres Kerahkan 161 Personel

Senada dengan Kandar, Tarjono (50) mengatakan, warga Desa Banjarturi sangat berharap Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu atau PAW segera dilaksanakan. Bahkan, warga pernah menyampaikan aspirasi itu melalui aksi unjuk rasa di Balai Desa Banjarturi beberapa waktu lalu.

Tarjono berharap agar Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu dilaksanakan sebelum November. Dipastikan, PAW akan berjalan lancar dan kondusif.

"Insya Allah tidak ada masalah. Masyarakat juga sudah dewasa, tidak akan berbuat anarkis," ucapnya.

"Saya mendapat kabar, PAW akan dilaksanakan minggu kemarin. Tapi sampai sekarang, belum dilaksanakan," kata Tarjono kecewa.

Sumber: