5 Langkah Mudah Melunasi Utang Pinjol, Anti Debt Collector Cuma 3 Bulan

5 Langkah Mudah Melunasi Utang Pinjol, Anti Debt Collector Cuma 3 Bulan

5 Langkah Mudah Melunasi Utang Pinjol, Anti Debt Collector Cuma 3 Bulan!--

RADAR TEGAL - Apakah Anda memiliki pinjaman online yang cukup banyak? Pinjaman online seringkali menjadi beban kehidupan yang terus menghantui. Anda harus memahami 5 langkah mudah melunasi utang pinjol yang Anda miliki.

Pinjaman online seringkali disebut pinjol telah menjadi alternatif keuangan yang dipilih oleh banyak orang. Namun mereka seringkali lupa dan akhirnya memerlukan banyak cara untuk melunasi utang pinjol yang dimiliki.

Melunasi utang pinjol seringkali membingungkan karena terletak di banyak aplikasi berbeda. Namun Anda tetap harus melunasi utang tersebut agar tidak terjadi penagihan oleh debt collector.

Biasanya tiap pinjol legal memberikan tenggat waktu 90 hari atau 3 bulan terhitung sejak awal jatuh tempo. Anda memiliki waktu selama itu untuk melunasi utang pinjol yang Anda miliki.

BACA JUGA:Salah Nagih, DC Pinjol Lapangan Dapat Dijerat Hukum Sesuai Surat Edaran Bank Indonesia!

Langkah mudah melunasi utang pinjol

Terdapat 5 langkah mudah yang dapat Anda terapkan untuk membantu membayar utang pinjol yang Anda miliki. Berikut diantaranya:

  • Mengumpulkan informasi

Sebelum Anda menghitung utang pinjol yang Anda miliki maka Anda harus mengumpulkan informasi mengenai pinjaman yang Anda miliki. Hal tersebut termasuk dokumen-dokumen pinjaman dan perjanjian yang Anda buat pada saat mengambil pinjaman.

Anda perlu memastikan bahwa memiliki akses ke semua informasi mengenai pinjaman Anda sebelum melanjutkan. Hal tersebut tentu akan membantu Anda kedepannya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Mengevaluasi utang yang Anda miliki

Setelah mengumpulkan informasi, Anda bisa mengevaluasi utang yang Anda miliki. Selanjutnya hitung total utang yang Anda miliki termasuk dana dan bunga yang harus dibayar.

BACA JUGA:Galbay? Cepat Amankan Media Sosial dari Pinjol Ilegal dengan 5 Cara Ini

Selain itu, pahami suku bunga dan tenor masing-masing pinjaman. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi perhitungan utang yang Anda miliki.

  • Merencanakan pembayaran

Membuat rencana pembayaran yang sesuai dengan situasi keuangan Anda. Pertimbangkan juga berapa banyak yang dapat Anda alokasikan setiap bulannya untuk melunasi utang pinjol.

Selain itu, pilihlah strategi pelunasan yang paling cocok bagi Anda. Bisa mulai membayar utang dengan bunga tertinggi dahulu atau menyelesaikan pinjaman dengan limit terendah.

  • Melakukan pembayaran secara rutin

Sumber: