Bantu Air Bersih di Daerah Krisis, Dharma Wanita BPBD Kabupaten Tegal Gelontorkan 4000 Liter

Bantu Air Bersih di Daerah Krisis, Dharma Wanita BPBD Kabupaten Tegal Gelontorkan 4000 Liter

BERBAGI - Pengurus Dharma Wanita BPBD saat menyerahkan bantuan air bersih bagi masyarakat Desa Pener Kecamatan Pangkah. -HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

SLAWI- Musim kemarau sudah menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Meski demikian, bantuan air bersih masih dibutuhkan masyarakat di sejumlah wilayah yang mengalami krisis. 

Salah satu bantuan air bersih berasal dari Dharma Wanita BPBD. Mereka sengaja berbagi air bersih di Desa Pener Kecamatan Pangkah. 

Sebanyak 4000 liter air bersih diserahkan langsung pengurus Dharma Wanita BPBD pada masyarakat di desa tersebut. Terkait bantuan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Ellya Hidayah mengakui jika jumlah daerah yang terkena dampak Elnino mengalami kenaikan.

"Dari hasil update data kecamatan dan desa yang terdampak mengalami kekeringan atau krisis air dampak Elnino cenderung mengalami penambahan," terangnya, Senin 23 Oktober 2023. 

BACA JUGA:120 Ribu Liter Air Bersih Digelontor Pensiunan ke 6 Kecamatan di Kabupaten Tegal, Hujan Belum Merata

Menurutnya, dari data yang BPBD terima,  sasaran layanan distribusi air bersih saat ini merambah 11 kecamatan di 43 desa. Hingga saat ini jumlah air bersih yang sudah terdistribusi kepada penerima manfaat sebanyak 541 tangki.

"Atau 2.718.000 liter yang diberikan kepada 58.937 KK atau kepada 212.806 jiwa," ujarnya.

Ellya menyatakan, pendistribusian air bersih untuk Kecamatan Jatinegara terinci sebanyak 999.000 liter. Jumlah tersebut untuk 12 desa masing-masing Tamansari, Dukuhbangsa, Wotgalih, Lembahsari, Padasari, Mokaha, Luwihjawa, Jatinegara, Kedungwungu, Penyalahan, Argatawang, dan Lebakwangi. 

Sementara untuk  Kecamatan Suradadi sebanyak 547.500 liter yang dibagikan untuk Desa Harjasari, Jatimulya, Suradadi, Kertasari, Karangmulya, Gembongdadi, dan Purwahamba.

BACA JUGA:Kekeringan Belum Usai, Bantuan Air Bersih BPBD Kabupaten Tegal Sudah Lebih dari 2 Juta Liter

Bantuan air bersih untuk Kecamatan Warureja sebanyak 207.500 liter untuk memenuhi kebutuhan air di Desa Kedungkelor, Kreman, Sukareja, Kendayakan, Kedungjati, dan Sidamulya. 

Di Kecamatan Kedungbanteng gelontoran air bersih mencapai 310.500 liter yang didistribusikan untuk Desa Karanganyar, Tonggara, Karangmalang, dan Semedo. Sedangkan di Kecamatan Balapulang didistribusikan 293.000 liter untuk Desa Harjawinangun, Danawarih, Sesepan, Danareja,  dan Batuagung.  

Di Kecamatan Pangkah gelontoran air sebanyak 204.000 liter untuk Desa Pener dan Dermasuci. Kecamatan Lebaksiu 106.500 liter untuk Desa Kajen dan Tegalandong.

Kemudian Kecamatan Kramat 15.000 liter untuk Desa Kertayasa. Untuk Padaharja, serta Kecamatan Pagerbarang sebanyak 20.000 liter khusus untuk Desa Jatiwangi.

Sumber: