120 Ribu Liter Air Bersih Digelontor Pensiunan ke 6 Kecamatan di Kabupaten Tegal, Hujan Belum Merata

120 Ribu Liter Air Bersih Digelontor Pensiunan ke 6 Kecamatan di Kabupaten Tegal, Hujan Belum Merata

AIR BERSIH - Jajaran pengurus IPPK Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal bersama Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo menyalurkan air bersih di Desa Sindang Kecamatan Dukuhwaru, Sabtu 21 Oktober 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 120 ribu liter atau 12 tangki air bersih digelontor para pensiunan pejabat yang tergabung dalam Insan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan (IPPK) Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Dalam penyaluran air bersih ini, IPPK menggandeng tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.

Para pensiunan di Kecamatan Slawi itu memberikan bantuan air bersih sebanyak 12 tangki tersebut kepada masyarakat di 6 kecamatan di Kabupaten Tegal. Penyaluran air bersih ini diawali pada Kamis 19 Oktober 2023 di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang dan Desa Tamansari Kecamatan Jatinegara.

Kemudian pada Jumat 20 Oktober 2023, penyaluran air bersih dilakukan di Desa Sindang Kecamatan Dukuhwaru dan Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja.

Sedangkan pada Sabtu 21 Oktober 2023, di Desa Gembongdadi Kecamatan Suradadi dan Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng. Penyaluran air bersih ini berlangsung selama 3 hari, yakni sejak 19 hingga 21 Oktober 2023.

BACA JUGA:Kekeringan Belum Usai, Bantuan Air Bersih BPBD Kabupaten Tegal Sudah Lebih dari 2 Juta Liter

Ketua IPPK Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Agus Suyitno mengatakan, penyaluran air bersih ini merupakan donasi dari para anggota IPPK.

Dia mengungkapkan, jumlah air yang digelontorkan sebanyak 12 tangki atau 120 ribu liter. Setiap desa masing-masing mendapatkan 2 tangki air bersih.

Diharapkan, air yang disalurkan itu bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Semoga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

BACA JUGA:Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Meluas, 2,7 Juta Liter Air Disalurkan ke 212.806 Jiwa

Dirinya tak menampik, musim kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Tegal hingga kini belum berakhir. Praktis, warga pun mengalami krisis air.

Walau demikian, ada beberapa desa di Kabupaten Tegal yang sudah diguyur hujan. Utamanya di sekitar lereng Gunung Slamet seperti Kecamatan Bumijawa dan Bojong.

"Hujan belum merata, hanya di beberapa tempat saja," ucapnya.

Total bantuan PMI sudah 189 tangki

Sumber: