211 Kilometer Saluran Tambak di Pesisir Brebes Rusak, Persentasenya Mencapai 74,17 Persen

211 Kilometer Saluran Tambak di Pesisir Brebes Rusak, Persentasenya Mencapai 74,17 Persen

MENGECEK - Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin bersama dinas terkait mengecek saluran tambak di Desa Randusanga Wetan.-EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Sepanjang 211 kilometer saluran tambak di pesisir Kabupaten Brebes mengalami kerusakan. Hal ini berdasarkan data Dinas Perikanan hingga tahun 2022.

Kepala Dinas Perikanan Brebes Moh. Zuhdan Fanani mengatakan, terkait hal ini pihaknya akan membuat program strategi. Yaitu pengelolaan partisipasi saluran tambak pantura melalui jaga saluran tambak berbasis online. 

Program ini merupakan ide aksi perubahan karena belum adanya tata kelola pemeliharaan saluran tambak di Brebes. Di sisi lain, kondisi saluran tambak di wilayah Brebes banyak yang rusak.

Ditambah permasalahan degradasi lingkungan pesisir. Sementara sektor perikanan selama ini menjadi salah satu potensi di Brebes.

"Kondisi inilah yang membuat kami terdorong melakukan aksi perubahan. Outputnya, kami ingin mengimplementasikan pemeliharaan saluran tambak secara partisipatif," ungkapnya. 

"Kemudian, adanya data base dan peta jaringan saluran tambak yang selama ini belum dimiliki," terangnya usai peninjauan saluran tambak.

BACA JUGA:Program Rosi Tampan Melalui Jalur Tol, Upaya Dinas Perikanan Ajak Warga Jaga Saluran Tambak

Kerusakan capai 74,17 persen

Dari total panjang saluran itu, yang kondisinya baik hanya 20,31 persen atau sepanjang 31 kilometer. Kemudian, yang kondisinya sedang 17 kilometer atau 5,52 persen, dan yang rusak sepanjang 162 kilometer atau 74,17 persen.

Namun demikian, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengaku bangga dengan tata kelola saluran tambak perikanan di Kabupaten Brebes yang digarap 100 persen oleh petambak.

Berbeda dengan saluran irigasi pertanian, yang seluruhnya dibuatkan pemerintah. Maka dari itu, Urip menaruh perhatian khusus kepada para petambak dan pengelola budidaya ikan di Brebes dalam tata kelola saluran tambak. 

Urip mengatakan, sepanjang 211 kilometer saluran tambak milik warga. Namun, bila dibandingkan lingkup pertanian, sepanjang irigasi 449 ribu kilometer seluruhnya punya pemerintah.

BACA JUGA:1000 KK di Brebes Terdampak Banjir Rob, 800 Hektare Tambak Terrendam

Sumber: