1000 KK di Brebes Terdampak Banjir Rob, 800 Hektare Tambak Terrendam

1000 KK di Brebes Terdampak Banjir Rob, 800 Hektare Tambak Terrendam

BANJIR ROB- Banjir rob menggenangi sejumlah pemukiman di wilayah pesisir desa di Kecamatan Brebes.-Istimewa-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sedikitnya 1000 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Brebes terdampak banjir rob. Tidak hanya itu, 800 dari 1.300 hektare (ha) tambak di desa juga terrendam. 

Sejumlah rumah yang terdampak banjir rob ada di wilayah pesisir Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes. Banjir rob di wilayah pesisir terjadi sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB namun tidak terlalu signifikan.

Namun, pukul 10.00 WIB air kembali pasang secara signifikan hingga pukul 16.00 WIB. Dengan ketinggian bervariasi 10-40 cm.

Banjir rob yang terjadi kali ini dinilai termasuk banjir rob paling parah. Hasil pendataan sementara, banjir rob menggenangi seluruh wilayah di desa tersebut.

“Sekitar 1.000 KK terdampak banjir rob tersebut. Selain menggenangi rumah warga, sekitar 60 persen dari luasan tambak yang ada di desa juga terendam rob. Kalau dihitung 800 hektare dari 1.300 hektare tambak di desa kami terendam,” ungkap Kepala Desa Randusanga Kulon Afan Setiono, Selasa, 11 Juli 2023.

BACA JUGA:Bertahun-tahun Terendam Banjir Rob, Patok Batas Lahan Warga di Pekalongan Hilang

Menurutnya, banjir rob kali ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Bahkan, ketinggian banjir rob di kawasan wisata Pantai Randusanga Indah sudah mencapai satu meter. 

Untuk mengantisipasi kondisi yang lebih parah, pihaknya kini telah menyiapkan balai desa sebagai tempat pengungsian warga yang terdampak banjir rob saat ini.

Sejumlah rumah di dua desa memang sudah langganan banjir rob. Rumah yang kebanjiran hampir ada di semua RT di dua desa, yaitu Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan. 

Selain merendam pemukiman, banjir rob juga merendam sejumlah tambak milik warga. Ketinggian banjir rob kali ini mulai dari 10 hingga 40 cm.

“Di Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan itu hampir semua rumah terendam banjir rob setinggi 10 sampai 40 cm. Rumah-rumah yang di pinggir jalan tidak terlalu terendam. Banyak tambak juga terendam,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, rob kali ini cukup tinggi. Biasanya saat banjir rob rumah yang tanahnya tinggi tidak terendam banjir rob. Namun, saat ini hampir semua warga di Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan terendam. ***

Sumber: