Sejarah Situs Keramat Cimandung, Punya Sumur Kahuripan yang Dipercaya Bawa Ketentraman

Sejarah Situs Keramat Cimandung, Punya Sumur Kahuripan yang Dipercaya Bawa Ketentraman

Situs Keramat Cimandung Kabupaten Cirebon-RADAR CIREBON-

RADAR TEGAL - Seperti Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Cirebon memiliki banyak situs keramat yang bersejarah. Salah satunya Situs Keramat Cimandung. 

Situs Keramat Cimandung juga dikenal dengan pohon raga saktinya. Pohon raga sakti merupakan sebuah pohon besar di dekat pintu masuk situs yang memiliki batang yang meliuk-liuk dan tumbuh seperti mengitari pohon disekitarnya.

Konon katanya pohon ini berasal dari tongkat milik Raden Walangsungsang yang ditinggalkan di tempat tersebut. Pohon ini dipercaya bisa menangkal marabahaya dan juga mencegah orang-orang yang memiliki niat tidak baik untuk masuk ke tempat ini. 

Selain Pohon Raga Sakti, Situs Keramat Cimandung juga dikenal dengan tujuh sumur keramatnya. Masing-masing dari ketujuh sumur ini memiliki nama dan manfaat yang berbeda-beda. 

BACA JUGA:Sejarah Dewa Ratna Terungkap, Ternyata Sebelum Jadi Mako Brigif Merupakan Pabrik Gula yang Dijarah

Salah satu yang paling terkenal adalah Sumur Kahuripan yang dipercaya bisa membawa ketentraman di dalam kehidupan berkeluarga. 

Saat ini, Situs Keramat Cimandung dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata religi oleh wisatawan. Walau begitu, sejauh ini belum ada tiket masuk yang dikenakan untuk para pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Hanya disediakan kotak sumbangan untuk para pengunjung yang ingin menyumbang seikhlasnya untuk biaya perawatan Situs Keramat Cimandung. 

Tempat ini juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk tirakat oleh orang-orang, baik masyarakat sekitar atupun untuk orang-orang dari luar kota. Namun karena tempat ini masih berbentuk hutan, mayoritas yang bertirakat di sini adalah laki-laki.

BACA JUGA:Legenda Sungai Serayu yang Mengaliri 5 Kabupaten di Jawa Tengah, Dipercaya Terbuat dari Air Pipis Bima

Tempat petilasan Raden Walangsungsang

Mengutip dari Radar Cirebon, Situs Keramat Cimandung adalah salah satu tempat petilasan Raden Walangsungsang dan menjadi saksi bisu dari sejarah awal terbentuknya Cirebon.

Tempat ini terletak di Desa Kerandon, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, dan menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ada di Cirebon. Bagaimana sejarah dari Situs Keramat Cimandung ini, apa saja hal yang ada di dalamnya, dan bagaimana keadaan tempat ini sekarang akan dibahas di sini lebih lanjut.

Sumber: