5 Tips Membeli Perhiasan Emas, Cermat dan Teliti Jangan Sampai Tertipu!

5 Tips Membeli Perhiasan Emas, Cermat dan Teliti Jangan Sampai Tertipu!

Perhiasan Emas-Tangkapan Layar-Blibli.com

Harga emas di Indonesia, termasuk perhiasan, cenderung mengalami fluktuasi naik turun yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa harga sebelum membeli perhiasan emas di toko.

Umumnya, toko perhiasan akan menampilkan harga emas terkini untuk memudahkan calon pembeli. Namun, bijak untuk selalu memeriksa harga pasar kembali karena fluktuasi harga yang terus-menerus terjadi. 

Pastikan untuk memeriksa pembaruan harga terbaru sebelum pergi ke toko, karena harga emas selalu berubah-ubah. Lebih baik membeli ketika harga sedang turun, sehingga nantinya bisa dijual dengan keuntungan saat harga naik.

3. Datang ke beberapa toko

Sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan emas yang diinginkan, sebaiknya Anda mengunjungi beberapa toko terlebih dahulu. Karena sebagian besar toko memiliki produk yang hampir serupa, dengan perbedaan terutama pada harganya.

Jika Anda memiliki keahlian dalam negosiasi, mendatangi berbagai toko dapat sangat menguntungkan. Tidak lupa untuk menjelajahi toko-toko kecil di kota.

Tidak menutup kemungkinan bahwa toko-toko tersebut menawarkan harga yang lebih menarik dibandingkan dengan toko besar. Hal ini bisa terjadi terutama karena kurangnya kunjungan pelanggan ke toko-toko tersebut.

Namun, Anda harus selalu membeli emas dari toko yang memberikan sertifikasi mengenai kemurnian dan garansi penjualan kembali.

4. Cek kombinasi warnanya

Emas murni 24 karat memiliki warna kuning yang mencolok dan memikat, tetapi kurang praktis untuk dibeli karena teksturnya yang lembut dan harganya yang tinggi.

Inilah alasan mengapa perhiasan sering dibuat dengan mencampur emas dengan logam lain yang lebih kuat. Umumnya, perhiasan tidak melebihi 18 karat emas murni, sehingga logam tambahan ini mempengaruhi warna kuning dan menciptakan paduan dengan warna yang berbeda.

Terdapat beberapa variasi warna emas yang perlu diketahui, seperti:

⦁ Emas kuning. Tidak semua perhiasan emas kuning sebenarnya terbuat dari emas murni karena dapat dilapisi dengan lapisan tertentu untuk mempertahankan penampilan kuningnya.

⦁ Emas putih. Mirip dengan perak yang lebih cerah, emas putih terbuat dari logam putih seperti Palladium, Nikel, atau Mangan yang lebih tahan lama daripada emas. Hal ini populer untuk cincin pertunangan dan pernikahan.

⦁ Rose gold. Paduan emas dengan warna merah muda yang menyerupai blush pink. Warna ini dicapai dengan menambahkan tembaga ke emas, seringkali pada tingkat kemurnian 14 karat atau 58,5%.

Sumber: