5 Tips Membeli Perhiasan Emas, Cermat dan Teliti Jangan Sampai Tertipu!

5 Tips Membeli Perhiasan Emas, Cermat dan Teliti Jangan Sampai Tertipu!

Perhiasan Emas-Tangkapan Layar-Blibli.com

RADAR TEGAL - Perhiasan emas tidak lepas dari para wanita. Sebab, benda satu ini memang dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik. 

Berbagai modelnya juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri pada beberapa acara tertentu. Namun, membeli perhiasan emas ternyata tidak semudah yang Anda kira.

Sebab, tak sedikit pihak penjual yang melakukan tindak kecurangan, menawarkan emas perhiasan yang tidak sesuai dengan kualitas. Inilah sebabnya, Anda perlu cermat dan teliti ketika membeli perhiasan.

Tips membeli perhiasan emas di toko

Saat ini, emas tidak hanya menjadi barang mewah, tetapi juga salah satu bentuk investasi dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Inilah sebabnya, angka penjualan emas mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa waktu terakhir.

Baik dalam bentuk batangan hingga perhiasan.Bagi Anda yang berniat untuk membeli perhiasan emas langsung di toko, sebaiknya coba terapkan tips berikut ini. 

BACA JUGA:5 Manfaat Beli Emas untuk Masa Depan, Apakah Menguntungkan?

1. Cek kadar kemurnian emas

Kualitas emas diukur dengan 'karat', yang mencerminkan tingkat kemurniannya. Satu karat mengandung 4,2% emas murni. 

Oleh karena itu, emas 24 karat dianggap sebagai yang paling murni dengan kemurnian rata-rata 99,99%. Untuk menilai kadar karat emas, total kemurnian logam dibagi menjadi 24 bagian. 

Misalnya, emas 18 karat berarti dari total 24 bagian, 18 bagian terdiri dari emas dan sisanya merupakan campuran logam lain seperti seng, perak, tembaga, dan lainnya.

Jika Anda mencari gelang atau cincin, emas dengan kadar 10 dan 12 karat sudah cukup baik walaupun terpapar gesekan permukaan keras.

Sementara itu, apabila Anda ingin membeli anting atau kalung, direkomendasikan untuk memilih perhiasan emas dengan kadar 14-18 karat.

2. Cari tahu harganya

Sumber: