Juara di Tingkat Kota, 5 Siswa SMP Ihsaniyah Tegal Maju ke Ajang Provinsi

Juara di Tingkat Kota, 5 Siswa SMP Ihsaniyah Tegal Maju ke Ajang Provinsi

Siswa SMP Ihsaniyah Kota Tegal juara MAPSI tingkat Kota--

RADAR TEGAL - Sejumlah siswa dan siswi SMP Ihsaniyah Kota Tegal maju dalam ajang lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) tingkat Provinsi. Itu, setelah mereka berhasil menjuarai kejuaraan serupa tingkat Kota.

Kepala SMP Ihsaniyah Kota Tegal Andri Apriudin mengatakan siswa yang berangkat ke Provinsi sebanyak 5 anak. Mereka merupakan siswa yang telah berhasil menjadi juara di ajang MAPSI tingkat Kota.

"Untuk MAPSI tingkat kota, anak-anak kita berhasil meraih juara 1 Tahfidz Putra dan Putri, Juara 1 Kaligrafi Putra dan putri. Serta juara 1 Tartil Quran,"katanya.

Menurut Andri, sebelum menjadi juara, siswa SMP Ihsaniyah Kota Tegal telah menjalani pelatihan dan pembinaan. Itu, dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Siswi MI di Tegal Jadi Juara 3 Hafidz Quran Tingkat Nasional Sekaligus yang Termuda

"Kalau mendekati hari perlombaan bisa setiap hari. Kalau tidak ada event seminggu sekali jadwal ekstrakurikulernya,"tandasnya.

Andri menegaskan untuk pembinaan tahfidz, pihaknya menerapkan program Ihsaniyah Boarding School (IBS). Yakni, menginapkan siswa dan siswi untuk menghafal Alquran.

"Sehingga, anak-anak SMP Ihsaniyah Kota Tegal sudah terbiasa menghafal Alquran. Bahkan, sudah ada yang hafal 10 juz,"ujarnya.

Kemudian untuk Kaligrafi, kata Andri, pihaknya menggandeng pihak luar dan belajar melalui online. Sementara untuk tartil, juga melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Baca Juga: Kenalin Nih, Lintang Mahasiswi di Brebes yang Bisa Pentas Nari di Luar Negeri

"Jadi pembinaan untuk siswa memang tidak hanya saat akan mendekati lomba saja. Melainkan setiap saat, bahkan hampir tiap hari,"tandasnya.

Belum lagi, kata Andri, SMP Ihsaniyah Kota Tegal juga melakukan pendidikan karakter. Mulai dari guru yang wajib hadir di sekolah maksimal pukul 06.45 WIB, untuk selanjutnya menyambut siswa di depan gerbang.

"Kemudian pukul 06.50 WIB siswa akan masuk dan mengikuti pembiasaan dengan membaca asmaul husna, 4 T (tahsin, tahfidz, tilawah, tartil) berdasarkan jilid dan tingkatannya. Setalah itu, selesai dilanjutkan dengan solat dhuha berjamaah,"jelasnya. 

Tidak berhenti disitu, sambung Andri, untuk sholat Dhuhur dan Ashar juga dilakukan secara berjamaah. (*)

Sumber: