Kenalin Nih, Lintang Mahasiswi di Brebes yang Bisa Pentas Nari di Luar Negeri

Kenalin Nih, Lintang Mahasiswi di Brebes yang Bisa Pentas Nari di Luar Negeri

Ghaiska Aura Lintang saat pentas.(dok.Humas)--

RADAR TEGAL - Memiliki kegemaran menari sejak Kelas 3 SD membuat Ghaiska Aura Lintang berkesempatan menari hingga ke luar negeri dalam ajang Festival Folklore Internasional. Dia melakukan lawatan ke empat negara dari 25 Juni hingga 7 Agustus 2023

"Empat negara Eropa itu yaini Slovenia, Bulgaria, Kroasia, dan Turki," tutur Lintang sapaan akrabnya saat di Kampung Politeknik Mitra Karya Mandiri Ketanggungan, Senin 4 September 2023.

Kegemarannya dalam menari sudah ditekuninya sejak ia masih duduk di kelas 3 SD. Di mana, awalnya, dia hanya ikut-ikutan namun kemudian terus mengembangkan kegemaranny di dunia tari hingga akhirnya bergabung dengan sanggar tari atas ajakan Budenya. 

"Pertama kali belajar tari itu waktu dibangku kelas 3 SD, yakni tari Dewi Bulan," ujarnya.

Hingga saat ini, mahasiswi semester 3 Penerima KIP Kuliah di Politeknik Mitra karya Mandiri Ketanggungan ini berlatih menari tiga kali dalam seminggu. Dalam lawatan seni ini difasilitasi Yayasan Rumah Seni Tegal.

Bersama 15 teman penari lajnnya, dia mwnampilkan Tarian Nusantara. Dia mengaku bangga karena masyarakat Eropa sangat antusias dalam menyambut dan menyaksikan Tarian Nusantara. Bahkan ada beberapa masyarakat Eropa yang ingin belajar tari nusantara.

Dalam kesempatan itu, dia bersama teman-temannya menyuguhkan Tarian Senggot dari Banyumas, Tortor dari Suku Batak, Tari Topeng Endhel dari Tegal, dan Tari Renggong Manis dari Betawi. 

"Tarian tersebut mendapat perhatian dan sambutan hangat dari para pengunjung. Alhamdulillah, pulang ketanah air membawa penghargaan Best Choreography," imbuhnya.

"Saya yang mewakili Politeknik Mitra Karya Mandiri mengucapkan terima kasih pada Yayasan Rumah Seni Tegal yang sudah memberikan fasilitas dan pengalaman yang indah ini," lanjutnya didampingi Kepala Bidang Kemahasiswaan Politeknik Mitra Karya Mandiri Haryono. 

Dalam kesempatan ini, dia jug bercita-cita mengembangkan seni tari nusantara sebagai bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara. Bisa tampilnya di lur negeri menambah semangatnya dalam mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Apalagi dalam lawatannya tidak saja menari juga ikut workshop.

"Seneng banget sih pastinya, soalnya kita disana juga bukan cuma nari aja, kita juga di sana ngisi workshop dan juga mengikuti workshop. Jadi kita bisa ngenalin kesenian kita, kita juga tahu kesenian mereka," tuturnya. 

Direktur Politeknik Mitra Karya Mandiri Ketanggungan turut bangga dengan prestasi yang ditorehkan Lintang. Menurut Taufiq prestasi ini bisa dijadikan motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengharumkan Kampus, Brebes, Tegal, dan Indonesia lewat budaya yang adi luhung.

"Prestasi bisa diraih, bila diikhtiarkan dengan gigih dan istiqomah," pungkasnya.***

Sumber: