Ganda, KPU Kabupaten Brebes Akhirnya Coret 318 Data Pemilih di DPT

Ganda, KPU Kabupaten Brebes Akhirnya Coret 318 Data Pemilih di DPT

Aktivitas di Kantor KPU Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - KPU Kabupaten Brebes, telah menyelesaikan proses pengecekan terhadap 2.217 pemilih yang berpotensi ganda. Hasilnya, ada 636 data dalam DPT terbukti ganda dan KPU bakal mencoret data pemilih sebanyak 318.

Hasil pengecekan itu merupakan tindak lanjut dari temuan data berpotensi ganda yang dirilis Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD). Hasil analisa data pemilih dalam DPT yang dirilis APD menyebut, ada 2.217 data pemilih yang ditengarai ganda karena memiliki kesamaan nama, umur, alamat dan TPS.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pehlevi menerangkan, dari data yang diterima itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan dengan melibatkan PPK dan PPS. Pengecekan dilakukan dengan mendatangi langsung nama yang berpotensi ganda.

"Semua pengecekan sudah kita selesaikan, kami datangi langsung ke rumahnya dengan melibatkan PPK dan PPS," ujar Ketua KPU Brebes M. Riza Pahlevi, Selasa 17 Oktober 2023.

BACA JUGA:Sidak Kantor KPU Kabupaten Tegal hingga Gudang Logistik Pemilu 2024, Kapolres Temukan Ini

Hasilnya, dari 2.217 data potensi ganda, sebanyak 636 pemilih dinyatakan ganda, 1.565 pemilih memiliki kesamaan nama, alamat, umur dan 16 belum ada keterangan. 

"Yang benar benar data ganda sebanyak 636, 1.565 pemilih yang memiliki kesamaan nama, umur, alamat. Kemudian 16 belum ada keterangan karena orangnya sampai hari ini tidak ada di rumah," jelasnya.

Untuk data ganda, pihaknya akan mencoret separuh dari 636, yakni 318 data pemilih. Karena, lanjut Riza memang satu orang memiliki data double. "Berarti separuh dari 636 akan dicoret. Karena memang hasil pencermatan, satu orang tapi datanya ganda," pungkasnya.

Untuk diketahui, 636 pemilih ganda tersebar di tiap kecamatan. J PPumlah data ganda paling banyak ada di Kecamatan Larangan, yakni 98 pemilih. Disusul Kecamatan Ketanggungan 68 pemilih dan paling sedikit adalah Kecamatan Tonjong, 2 pemilh. (*)

Sumber: