Apa Itu Eco Enzyme? Emak-emak dari Kabupaten Tegal Dilatih Kenali dan Cara Membuatnya

Apa Itu Eco Enzyme? Emak-emak dari Kabupaten Tegal Dilatih Kenali dan Cara Membuatnya

PELATIHAN - Sejumlah emak-emak mengikuti pelatihan mengenali apa itu eco enzyme dan bagaimana cara membuatnya dari PPS Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, Senin 16 Oktober 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Penggunaan eco enzyme saat ini semakin marak di masyarakat. Karenanya sejumlah emak-emak di Kabupaten Tegal dilatih untuk mengenali apa itu eco enzyme dan bagaimana cara membuatnya.

Emak-emak yang belajar mengenal apa itu eco enzyme tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Arum Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Setelah mengetahui dan mengenalinya, mereka kemudia dilatih membuatnya.

Lalu apa itu eco enzyme? Bagaimana perannya dalam upaya mengurangi penggunaan pupuk kimia untuk tanaman padi. Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Karena di dalamnya akan mengulas tentang apa itu eco enzyme yang menjadi materi utama pelatihan para emak dari Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Ubah Limbah Dapur Jadi Cairan Bermanfaat, Ibu Rumah Tangga di Brebes Ikut Pelatihan Eco Enzyme

Apa itu eco enzyme?

Eco enzyme ini sebenarnya ditemukan oleh seorang peneliti dari Thailand yang bernama Dr Rosukhon Ponpanvong. Dia mendirikan asosiasi petani organik di Thailand yang sekarang banyak dikembangkan di Indonesia.

"Bahannya sendiri sangat mudah didapatkan, karena bisa diambilkan dari sisa-sisa sayur atau buah. Perbandingannya 1:3:10. Jadi kalau gulanya 100 gram, bahan kulit buah 300 gram dan airnya 1000ml. Saya rekomendasikan pakai air sumur," kata Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) Kecamatan Kedungbanteng Suswanto, Senin 16 Oktober 2023.

Menurutnya, tidak hanya mengetahui apa itu eco enzyme, pelatihan ini bertujuan sebagai alternatif mengurangi penggunaan pupuk kimia secara bertahap. Agar petani dapat kembali memanfaatkan bahan organik yang tersedia di sekitar lingkungannya.

"Cukup murah serta dapat dimanfaatkan secara maksimal," kata Suswanto.

BACA JUGA:PMI Manfaatkan Eco Enzyme untuk Cairan Disinfektan Membasmi Kuman dan Virus Corona

Dengan adanya pelatihan pembuatan eco enzyme, maka diharapkan petani dapat meningkatkan hasil produksinya. Pembuatan eco enzyme sendiri menurutnya sangat mudah. 

Kita hanya perlu memanfaatkan limbah organik yang berasal dari sampah rumah tangga.

"Prinsipnya, kita akan membantu KWT agar dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia. Karena pupuk kimia sulit didapat," ujarnya.

Sumber: