Solusi Tidak Ada AC, Buka Tirai dan Jendela Tidak Lupa Kompres Kulit Tubuh, Jadi Alternatif Terbaik

Solusi Tidak Ada AC, Buka Tirai dan  Jendela Tidak Lupa Kompres Kulit Tubuh, Jadi Alternatif Terbaik

Membuka tirai dan jendela-depositphotos.com-

RADARTEGAL.COM-Musim  kemarau panjang udara panas dan gerah perlu AC atau kipas  angin agar  suasana dingin. Namun bagaimana solusi tidak ada AC lantaran berbagai alasan harga AC mahal dan lainnya

Udara panas yang menyengat  yang bikin gerah mempengaruhi kesehatan kulit salah satunya kelelahan. Selain itu masalah  dehidrasi kemudian juga iritasi kulit, maka perlu solusi tidak ada AC

Dampak Cuaca Pada Kesehatan Tubuh         

Efek paling   fatal yang dirasakan dari udara panas dimusim kemarau yaitu kulit kering, bahkan tidak sedikit ada mengalami sakit kepala sebelah(migran).

Biasanya rasa sakit bagian kepala terjadi apabila terpapar udara panas matahari berlebih. Atau polusi berlebihan sehingga tidak terhindarkan sakit  kepala.

Suhu   saat pada musim kemarau tahun 2023 mencapai  40 derajat yang bisa merusak jaringan tubuh. Terutama otot jantung dan otak, oleh karena itu penting solusi tidak ada AC

Efek cuaca panas ekstrim tidak hanya merusak jaringan tubuh melainkan kelelahan akibat panas  berkeringat dan  lemah.

BACA JUGA:5 Alasan AC Portabel Menjadi Pilihan Terbaik untuk Ruangan Anda, Lebih Hemat Biaya!

Kram otot, mual, sakit kepala ringan dan masih banyak lagi, tetapi hati-hati cuaca panas ekstrim bisa saja muncul kebingungan sampai  kehilangan kesadaran.

Jika sudah seperti  ini dilansir dari healthline ada beberapa langkah alternatif yang sederhana mengatasi suhu panas yang terus meningkat.

Buka Trai dan Jendela 

Salah  satu solusi tidak ada AC dengan membuka tirai jendela pada siang  hari agar udara masuk tidak terasa   pengap

Jika tirai dan jendela tetap tertutup udara terasa panas,  maka cobalah buka jendela nanti akan terasa dingin lantaran ada pergantian udara.

Ketika berganti malam hari  solusi tidak ada AC dengan membuka kembali tirai dan jendela, tetapi mengapa tidak menutup saja di waktu malam.

BACA JUGA:Cara Merawat AC Portabel dengan Tepat, Jangan Sampai Salah Langkah!

Apabila tetap tidak membuka jendela tidak bisa  mendapatkan AC alami  dan cobalah  buka jendela di waktu mau istirahat pasti tidur nyenyak.

Sediakan Selalu  Air Minum

Solusi lain ketika tidak  ada AC sementara cuaca panas begitu ekstrem dengan selalu  menyediakan air minum.

Pastikan minum air yang cukup karena cuaca ekstrem tubuh mudah kehilangan air lewat keringat saat suhu  tinggi dalam jangka lama.

Rutin minum air mengganti cairan yang hilang kemudian membantu  melindungi dari sengatan panas atau kelelahan akibat panas.

Kompres Air Dingin

Solusi tidak ada AC yang menarik lainnya  yaitu kompres kulit tubuh apabila terasa kepanasan.  Bisa kompres air dingin atau air es pada bagian leher  dan bagian tubuh yang diingginkan.

Pastikan tidak kompres kulit secara langsung akan berdampak buruk terhadap kulit, tetapi alangkah baiknya kain bersih saat melakukan  kompres.

Buat Taman Di Luar Rumah

Masih ada solusi  lain cara alami agar ruangan adem tanpa  AC dengan membuat taman di pekarangan rumah.

Tidak perlu tanaman mahal harganya bisa saja tanaman hias atau tanaman buah-buahan ditanam sekitar lingkungan rumah akan menambah kesejukkan.

Satu pohon yang dibudidayakan di luar dipercaya akan memblokir lebih  d ari 70 % cahaya matahari memasuki rumah,

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tanaman Hias Murah yang Bisa Anda Tanam untuk Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah Anda

Sebuah tanaman memiliki pengaruh besar terhadap suhu udara   maupun permukaan udara yang panas membuat teduh  dan sejuk.

Dengan cara seperti ini solusi tidak ada AC dapat dijadikan alternatif terbaik dan itulah ulasan singkat yang dapat sebagai inspirasi menyikapi  udara ekstrim di musim kemarau.

Kesimpulan

Memasuki musim kemarau panjang udara panas ekstrim tidak bersahabat untuk kesehatan memicu keringat berlebihan hingga dehidrasi.

Keadaan seperti ini perlu solusi  tidak ada AC sebagai  cara alami mendapat  udara sejuk dapat dilakukan membuka jendela  di malam hari atau tanam tanaman di luar rumah membuat udara adem.(*)

 

 

Sumber: