Cara Merawat AC Portabel dengan Tepat, Jangan Sampai Salah Langkah!

Cara Merawat AC Portabel dengan Tepat, Jangan Sampai Salah Langkah!

Cara Merawat AC Portabel dengan Tepat--

RADAR TEGAL - Apakah Anda yang sudah menggunakan AC portabel atau akan membeli AC portabel? Jika iya, Anda bisa memperhatikan cara merawat AC portabel dengan tepat.

AC portabel menjadi solusi pendinginan yang sangat memudahkan siapa saja yang menggunakan, Namun, sama seperti perangkat elektronik lainnya, Anda juga harus memperhatikan cara merawat AC portabel.

Penting untuk mengetahui cara merawat AC portabel agar kondisinya tetap berfungsi dengan optimal. Meski tidak sesulit AC dinding atau konvensional, tetapi perawatannya tetap penting untuk diperhatikan.

Bagi Anda yang sudah memiliki AC portabel, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. Anda bisa membaca dengan teliti membaca cara merawat AC portabel dengan tepat agar tidak merugikan Anda kedepannya.

BACA JUGA:Cuaca Panas Gini Masih Ragu Pasang AC? Tenang Ini 5 AC Terdingin dengan Harga Terjangkau 2023

Cara merawat AC portabel

Berikut ini beberapa cara merawat AC portabel yang dapat Anda coba sendiri tanpa bantuan teknisi khusus.

  • Membersihkan filter secara teratur

Salah satu komponen yang paling penting untuk diperhatikan ialah filter AC portabel milik Anda. Filter ini berfungsi untuk menangkap debu atau partikel lain dari udara yang masuk ke dalam unit AC. 

Dengan membersihkan atau mengganti filter secara teratur maka Anda dapat memastikan udara yang dikeluarkan oleh AC tetap bersih dan segar. Umumnya, filter dibersihkan setiap dua minggu sekali atau sesuai petunjuk yang diberikan saat membeli atau dalam buku panduan.

  • Melindungi AC dari debu dan kotoran

Selain membersihkan filter, pastikan AC portabel dapat terlindungi dari debu dan kotoran. Jika Anda menggunakan AC portabel di ruangan yang sering berdebu maka pertimbangkan untuk menutupnya ketika tidak digunakan.

Selain itu, hindari juga menempatkan AC di dekat sumber debu ataupun kotoran yang mungkin akan masuk ke dalam AC. Hal ini untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan dari AC portabel saat digunakan.

BACA JUGA:5 Pilihan AC Murah Tahun 2023, Harganya Ramah Di Kantong Nomor 2 Paling Banyak Digunakan

  • Menjaga suhu ruangan yang optimal

Suhu ruangan akan mempengaruhi kinerja AC portabel, Anda dapat memastikan suhu ruangan tetap nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. 

Jika suhu ruangan terlalu panas, maka AC akan bekerja lebih ekstra dan sering. Dampak dari hal tersebut adalah berkurangnya umur pakai dari AC.

  • Memeriksa selang dan fitiing

Sumber: