Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Tegal, 446.843 Wisatawan Kunjungi Guci Tahun Ini

Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Tegal, 446.843 Wisatawan Kunjungi Guci Tahun Ini

GOLDEN PARK - Golden Park menjadi salah satu destinasi wisata baru di Guci yang layak untuk dikunjungi.-Dokumen-radarcbs

RADAR TEGAL - Masih menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tegal, Obyek Wisata pemandian air panas Guci tetap menjadi favorit wisatawan untuk dikunjungi. Tahun ini, tercatat 446.843 wisatawan sudah datang.

“Jumlah wisatawan Guci yang tercatat tahun 2023 ini sampai dengan akhir September lalu mencapai 446.843 orang. Sehingga total dalam lima tahun terakhir sekitar 2,88 juta pengunjung," ungkap Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni melalui Kepala Bidang Pariwisata Joko Sunarto belum lama ini.

Dia mengakui, Guci masih menjadi destinasi wisata penuh magnet bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Tegal. Apalagi saat ini, Guci yang berlokasi di lereng Gunung Slamet Kecamatan Bumijawa ini punya berbagai wahana yang menarik.

BACA JUGA:Obyek Wisata Guci Sudah Dikunjungi 2,8 Juta Wisatawan, Kini Ada Jeep Offroad ke Jalur Pendakian Gunung Slamet

Karenanya, jangan heran jika destinasi wisata ini bak surga bagi para wisatawan. Lebih dari 2,88 juta pengunjung sudah mendatangi objek wisata Guci selama lima tahun terakhir.

Dirinya tidak menampik, jumlah wisatawan Guci memang sempat mengalami penurunan saat pandemi Covid-19. Rinciannya, pada tahun 2019, jumlah wisatawan mencapai 948.138 pengunjung.

Sementara saat pandemi, jumlahnya menurun menjadi 372.756 pengunjung di tahun 2020 dan 395.803 orang di tahun 2021. Sedangkan pada 2022, jumlahnya meningkat drastis menjadi 724.358 orang.

Menurutnya, selain destinasi wisata pemandian air panas Pancuran Lima yang dikelola Pemkab Tegal, terdapat banyak wahana rekreasi keluarga milik swasta yang menawarkan aneka daya tariknya.

BACA JUGA:Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Guci Tegal Kebakaran, Api Sudah Menjalar ke Pos 6 Menuju Pos 5

Destinasi wisata tersebut seperti Guci Forest, Golden Park, Taman The Geong, Baron Hill, Guciku, Rindu Alam, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, sejumlah event seni budaya pun kerap digelar di destinasi wisata tersebut, seperti Sedekah Bumi Guci, coffee expo hingga event olahraga kompetisi Guci Jungle Run.

“Kita juga punya wisata adventure Jeep offroad yang rutenya masuk kawasan hutan. Dimulai dari pertigaan ke arah pemandian Guciku sampai ke jalur pendakian Gunung Slamet Permadi. Jalurnya sangat menantang dan pasti seru, silahkan dicoba,” ujarnya.

Sumber: