5 Cara Menambah Performa Mobil Mesin Diesel, Dijamin Tambah Ngacir dan Enteng Tarikannya

5 Cara Menambah Performa Mobil Mesin Diesel, Dijamin Tambah Ngacir dan Enteng Tarikannya

Cara Menambah Performa Mobil Mesin Diesel-Tangkap Layar Youtube | Ft-Share-

RADAR TEGAL - Mobil bermesin diesel memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil bermesin bensin, salah satunya adalah torsi yang tinggi. 

Namun, seiring berjalannya waktu, performa mesin diesel dapat menurun. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara untuk meningkatkan performa mesin mobil diesel.

Berikut ini Radar Tegal merangkum beberapa tips untuk meningkatkan performa mesin mobil diesel, yang dikutip dari berbagai sumber. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Meningkatkan asupan udara

Asupan udara yang cukup merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan performa mesin diesel. Udara yang masuk ke dalam mesin akan dicampur dengan bahan bakar dan kemudian dibakar untuk menghasilkan tenaga.

BACA JUGA:7 Pilihan Mobil Keluarga Harga Rp150 Jutaan, Yukk Ajak Keluargamu Jalan-jalan

Ada beberapa cara untuk meningkatkan asupan udara, yaitu dengan memasang filter udara yang lebih besar, mengganti intake manifold, atau memasang turbocharger.

2. Meningkatkan asupan bahan bakar

Sama seperti asupan udara, asupan bahan bakar yang cukup juga diperlukan untuk meningkatkan performa mesin diesel. Bahan bakar yang masuk ke dalam mesin akan dicampur dengan udara dan kemudian dibakar untuk menghasilkan tenaga.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan asupan bahan bakar, yaitu dengan memasang injector yang lebih besar, mengganti pompa bahan bakar, atau memasang intercooler.

3. Meningkatkan kompresi mesin

Kompresi mesin adalah perbandingan antara volume silinder pada saat piston berada di titik mati bawah (BDC) dengan volume silinder pada saat piston berada di titik mati atas (TDC). Semakin tinggi kompresi mesin, maka semakin besar tenaga yang dihasilkan.

BACA JUGA:10 Tips Merawat Mitsubishi Xpander Cross 2023, Nomor 6 Sering Lupa di Cek

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kompresi mesin, yaitu dengan memasang piston yang lebih tinggi, mengganti ring piston, atau melakukan overbore.

Sumber: