Jelang Akhir Masa Jabatan, Walikota Tegal Minta OPD Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Jelang Akhir Masa Jabatan, Walikota Tegal Minta OPD Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Walikota Tegal memberikan arahan kepada kepala OPD--

RADAR TEGAL - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengingatkan kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan evaluasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan APBD. Utamanya mengawal 10 program unggulan Wali Kota.

Hal itu, Walikota Tegal sampaikan saat Rakor Pengendalian Kegiatan Pembangunan (PKP) II/2023. Kegiatan berlangsung di Yogyakarta Jumat 13 Oktober 2023 siang.

Menurut Dedy Yon, OPD dituntut untuk meningkatkan kapabilitas fungsional pengadaan barang/jasa. Serta pendayagunaan elektronisasi dalam rangka percepatan proses pengadaan.

"Juga peningkatan penggunaan Produk Dalam Negeri dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan barang jasa di 2023 ini. Itu, untuk mendukung kemajuan produk dalam negeri,"katanya.

Baca Juga: Walikota Tegal Dedy Yon Ikuti Upacara Ziarah di Makam Pahlawan Peringatan HUT TNI ke-78

Walikota Tegal juga menyampaikan agar OPD selalu bersinergi satu sama lain. Demi meningkatkan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.

"Saya mengajak kita semua untuk selalu bersinergi satu sama lain. Hal itu, dalam upaya meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Tegal,"ujarnya.

Dedy Yon menegaskan peningkatan kinerja itu, sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing. Dirinya mengimbau agar menggunakan forum tersebut untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi yang selanjutnya dapat terjalin sinergi dan kolaborasi.

"Saya yakin dan percaya, dengan komunikasi dan koordinasi yang baik dan sering kita lakukan, mudah-mudahan kita dapat bersinergi dan berkolaborasi. Maka diharapkan apa yang kita cita-citakan dapat tercapai secara maksimal dan optimal,"tandasnya.

Baca Juga: Walikota Tegal Serahkan Penghargaan Kepada Donor Darah Sukarela

Walikota Tegal menambahkan, dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu, mutu dan sasaran didukung tertib administrasi yang prima. Salah satu upaya yang ditempuh adalah melakukan pengendalian kegiatan secara intensif.

"Hal itu, dilaksanakan secara internal masing-masing pimpinan OPD. Selaku pengguna anggaran,"jelas Walikota Tegal.

Dedy Yon berharap pekerjaan proyek penataan dan pembangunan yang sedang dilaksanakan hingga akhir tahun dapat dilaksanakan. Serta diselesaikan sesuai deadline yang telah ditentukkan.

"Agar tidak terjadinya wan prestasi, maka upayakan selesai tepat waktu. Sehingga pihak ketiga atau kontraktor tidak terkena pinalti atau denda dan hindari jangan sampai terjadi adanya putus kontrak,"pungkasnya. (*)

Sumber: