Apakah Benar Susu Kedelai Bisa Memicu Wanita Terkena Kanker Payudara? Mitos atau fakta, Berikut Penjelasannya

Apakah Benar Susu Kedelai Bisa Memicu Wanita Terkena Kanker Payudara? Mitos atau fakta, Berikut Penjelasannya

apakah susu kedelai bisa memicu wanita terkena kanker payudara? | Foto: @tehpala.naphyco--

RADAR TEGAL – Pada peringatan ‘No Bro Day’ yang jatuh pada 13 Oktober yang lalu, masyarakat diajak untuk bersama-sama mewaspadai risiko kenaker payudara terutama pada wanita. Lalu, apakah benar susu kedelai bisa memicu wanita terkena kanker payudara? Melansir dari health.detik.com, berikut penjelasannya.

Apakah Susu Kedelai Bisa Memicu Wanita Terkena Kanker Payudara?

Beberapa orang berpendapat bahwa penyakit kanker inni dipicu oleh asupan makanan tertentu seperti olaharan kacang kedelai dan sayap ayam. Lalu benarkah demikian?

Ternyata, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Diketahui Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hemato-onkologi, dr Jesfry Beta Tenggara, SpPD-KHOM mengatakan bahwa sebenarnya mengonsumsi susu kacang kedelai tidak menyebabkan kanker payudara pada wanita.

Hal ini karena, estrogen yang terkandung dalam kedelai ini berbeda dengan estrogen hewani.

BACA JUGA: 5 Cara Mencari Teh Kualitas Unggul untuk Kesehatan Tubuh

"Itu ada beberapa faktor ilmu cocoklogi. Sebenarnya 70 sampai 80 persen kanker payudara itu adalah jenis yang dipengaruhi oleh hormon estrogen. Sedangkan kedelai itu sumber fitoestrogen," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (12/10/2023).

Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan bahwa secara struktur antara estrogen dari tanaman dnegan estrogen binatang sudah berbeda.

"Setara struktur saja sudah berbeda antara estrogen dari tanaman dengan estrogen binatang. Tetapi orang tahunya bahwa soya mengandung estrogen berarti ini bisa menimbulkan kanker," imbuh dr Jeffry.

BACA JUGA: Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Nomor Sembilan Bisa Mengatasi Jerawat dan Wajah Lebih Mulus

Sayap Ayam dapat Memicu Kanker?

Selain olahan kacang kedelai, makanan lainnya yang sering disebut sebagai pemicu kanker payudara pada wanita yakni sayap ayam.

Namun, dalam hal ii dr Jeffry kembali meluruskan anggapan ini yang tidak benar.

"Kalau kita lihat satu-satu, sebenarnya semua akan dibilang bikin kanker. Tidak ada satu pun makanan yang terbukti bisa menimbulkan atau menyebabkan kanker. Saya bicara makanan yang wajar dimakan orang ya. Daging sapi, ayam, ikan. Tentu saya nggak bisa ngomong kalau yang makanan seperti daging kelelawar, daging anjing, karena ada beberapa populasi yang makan daging seperti itu," ujarnya.

"Tapi kalau daging yang sapi, kambing, ayam, ikan yang wajar dimakan orang itu tidak terbukti mengakibatkan kanker, apalagi kanker payudara," tutur dr Jeffry.

BACA JUGA: Si Kuning Asem! 7 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 6 Cocok bagi yang Sedang Diet

Ia juga menjelaskan. Pada dasarnya penyebab kanker tidak pernah satu faktor. Sebenarnya, tidak pernah ada cara saklek perihal pencegahan kanker ini.

Namun, apabila dicari yakni faktor risiko, beberapa hal yang mungkin meingkatkann kemungkinan seseorang terkena kanker payudara yakni obesitas, kebiasaan merokok, dan mengkonsumsi minuman alkohol.

Kanker payudara sendiri merupakan jenis kanker yang terbentuk ketika selsel dalam payudara berkembang secara abnormal dan tidak terkendali.

Meskipun sebagian besar kasus terjadi di kalagan wanita, namun kaknker payudara ini juga bisa terjadi pada seorang pria, lho.

Diketahiu, kanker payudara ini sering ditemuka pada kelenjar susu (lobulus) atau pada saluran yang mengalirkan air susu ke puting payudara (duktus).

Tumor ganas tersebut juga dapat terbentuk dari jaringan ikat atau lemak dalam payudara.

BACA JUGA: Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Anda, Salah Satunya Membantu Menyuburkan Rambut, Cek Selengkapnya!

Demikian ulasan mengenai apakah benar susu kedelai bisa memicu wanita terkena kanker payudara. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: