Rokok Adalah Salah Satu Penyebab Stunting, Bupati Tegal Wanti-wanti Begini ke Bapak Perokok

Rokok Adalah Salah Satu Penyebab Stunting, Bupati Tegal Wanti-wanti Begini ke Bapak Perokok

MONITORING - Bupati Tegal Umi Azizah saat monitoring dan PMT kepada Bumil yang KEK serta baduta stunting.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL-  Bisa menjadi salah satu penyebab stunting, Bupati Tegal Umi Azizah memberi pesan khusus pada para orang tua, utamanya bapak perokok. Umi mengimbau kepada para bapak agar mendukung upaya pencegahan stunting.

Menurut Umi, karena menjadi salah satu penyebab stunting, hindari merokok di dekat bumil dan anak balita. Karena paparan asap rokok juga menyebabkan risiko stunting pada anak yang akan dikandung calon pengantin dan ibu hamil.

"Pola asuh juga sangat berperan dalam upaya mencegah stunting," terang Umi. 

Karenanya, untuk menghindari penyebab stunting, edukasi kepada orang tua sangat penting. Terutama dalam hal memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang pada anak balita.

BACA JUGA:Turunkan Angka Stunting Kota Tegal, Ini Cara yang Dipakai Kelurahan Panggung

"Sehingga anak akan tumbuh kembang dengan baik," kata Umi menjelaskan saat monitoring dan pemberian makanan tambahan (PMT) telor dan makanan olahan yang mengandung protein hewani kepada ibu hamil (Bumil) yang kekurangan energi kronis (KEK) serta anak usia di bawah dua tahun (baduta) stunting belum lama ini.

Selain menyinggung penyebab stunting, Umi juga mengungkap angka stunting Kabupaten Tegal. Hal ini berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang berkurang 5,7 persen poin, yakni dari 28 persen di tahun 2021 dan menjadi 22,3 persen di tahun 2022. 

"Karenanya, di tahun 2023 ini harus turun lagi. Targetnya turun 17 persen. Kita telah melakukan berbagai upaya konvergensi dalam percepatan penurunan stunting, sehingga tahun ini harus turun 17 persen," kata Bupati Umi.

Kegiatan PMT sendiri dipusatkan di dua lokasi, yakni di Desa Lebakwangi Kecamatan Jatinegara dan Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Cegah Stunting di Kota Tegal, Puskesmas Terjun Periksa dan Beri Vitamin Peserta Didik

Bupati menjelaskan, sumber dana PMT ini berasal dari gerakan Rames Saceting atau rame rame sakabehane ASN (aparatur sipip negara) cegah stunting.

Gerakan ini merupakan bentuk kepedulian ASN di lingkungan Pemkab Tegal untuk mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tegal. Gerakan ini juga difasilitasi oleh TPPS Kabupaten Tegal melalui Dinas P3AP2KB selaku wakil ketua TPPS.

"Gerakan ini adalah inovasi Bapak Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) konvergensi penurunan angka stunting menuju target nasional 14 persen tahun 2024," kata Bupati Umi menambahkan. (*)

Sumber: