Amankan Aksi Demo Nakes Kabupaten Tegal, Polres Tegal Turunkan 3 Peleton Petugas

Amankan Aksi Demo Nakes Kabupaten Tegal, Polres Tegal Turunkan 3 Peleton Petugas

PENGAMANAN- Aksi demo Kabupaten Tegal mendapat pengamanan langsung dari Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Setelah sempat menggelar aksi demo sebelumnya, demo nakes Kabupaten Tegal kembali berlangsung Senin, 9 Oktober 2023. Aksi tersebut mendapat pengamanan langsung dari Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK.

Demo nakes Kabupaten Tegal itu mendapatkan pengamanan dari 3 peleton petugas. Hal ini seperti diungkapkan Kabagops Kompol Sardoyo, S.H., M.H.

"Kami menerjunkan 3 peleton pengamanan dengan formasi peleton negosiator, dalmas awal dan dalmas lanjutan sesuai dengan SOP Penggunaan kekuatan, yang mengedepankan cara bertindak persuasif dan humanis," terangnya di lokasi demo nakes Kabupaten Tegal.

Aksi demo nakes Kabupaten Tegal yang tergabung dalam FKTH (Forum Tenaga Kesehatan Honorer) se-Kabupaten Tegal itu berlangsung di Gerbang Pemkab Tegal.

BACA JUGA:Protes! Ratusan Nakes Kabupaten Tegal Kembali Demo: Sekolah Mahal, Gaji Murahan

Diakui, nakes yang bertugas memberikan pelayanan di bidang medis menjadi salah satu pilar penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun formasi ASN yang terbatas menjadi hal yang melatarbelakangi demo nakes Kabupaten Tegal hari ini.

Hal tersebut memang masih menjadi permasalahan di setiap daerah. FKTH menginisasi demo nakes Kabupaten Tegal yang dikemas dengan kegiatan orasi serta pembentangan spanduk-spanduk aspirasi.

Peningkatan kesejahteraan tenaga kesehatan dengan mengalihkan status yang semula adalah tenaga honorer menjadi ASN (aparatur sipil negara) menjadi isu yang dibawa dalam demo nakes Kabupaten Tegal tersebut.

Aksi demo tersebut mendapatkan pengamanan maksimal dari Polres Tegal. Dipimpin kapolres Tegal yang mengawal salah satu bentuk demokrasi di Indonesia dengan aman dan kondusif.

BACA JUGA:Tuntut Penambahan Kuota PPPK, Ratusan Nakes di Kabupaten Tegal Geruduk Kantor DPRD

Pengamanan aksi sendiri diawali dengan apel persiapan dari peserta apel 1 jam sebelum jadwal aksi dimulai. Apel berlangsung di Halaman Polres Tegal dan berangkat bersama-sama menggunakan kendaraan dinas ke lokasi aksi.

Setelah tiba di lokasi aksi, 3 peleton pengamanan Polres Tegal langsung menempatkan diri pada titik pengamanan. 

Dengan formasi regu negosiator berada di hadapan peserta aksi. Kemudian lapis selanjutnya adalah peleton dalmas awal dan peleton dalmas lanjutan.

Sumber: