Protes! Ratusan Nakes Kabupaten Tegal Kembali Demo: Sekolah Mahal, Gaji Murahan

Protes! Ratusan Nakes Kabupaten Tegal Kembali Demo: Sekolah Mahal, Gaji Murahan

DEMO - Ratusan nakes honorer Kabupaten Tegal di lingkungan Pemkab Tegal demo di depan kantor Bupati Tegal, Senin 9 Oktober 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Aksi protes hingga turun ke jalan kembali dilakukan ratusan tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Tegal. Mereka menggelar aksi demo di depan kantor Bupati Tegal, Senin 9 Oktober 2023. 

Para nakes Kabupaten Tegal itu menuntut Bupati Tegal Umi Azizah agar mengusulkan penambahan kuota pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk formasi khusus jabatan fungsional nakes. 

Mereka menuntut pemerintah agar memprioritaskan para nakes non-ASN atau honorer yang masih aktif bekerja di fasilitas kesehatan milik Pemkab Tegal. Aksi para nakes Kabupaten Tegal bahkan sempat tegang saat pendemo hendak memaksa masuk ke areal kantor Bupati. 

Namun, ketegangan demo nakes Kabupaten Tegal itu berhasil reda setelah anggota Polres Tegal memberikan pengarahan. 

BACA JUGA:Tuntut Penambahan Kuota PPPK, Ratusan Nakes di Kabupaten Tegal Geruduk Kantor DPRD

Nakes Kabupaten Tegal tak puas 

Ditemui di tempat aksi demo, Ketua Forum Tenaga Kesehatan Honorer (FTKH) Kabupaten Tegal Prieyudha, mengaku terpaksa menggelar aksi demo ini lantaran tidak puas saat melakukan audiensi dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu.

Hasil audiensi yang diusulkan oleh Pemkab Tegal untuk PPPK formasi nakes hanya 100 orang. Sedangkan jumlah total nakes honorer di Kabupaten Tegal sebanyak 956 orang.

"Itu pun baru usulan. Belum tentu usulan itu direalisasi. Ini lah yang membuat kami kecewa, kami seperti dianaktirikan. Ketika Covid-19, kita berada di garda depan. Sedangkan sekarang, kita diabaikan," keluh Yudha, sapaan akrab perawat Puskesmas Balapulang ini.

Yudha menuturkan, para nakes di Kabupaten Tegal mayoritas sudah mengabdi cukup lama. Mulai dari 5 tahun hingga lebih dari 10 tahun. 

BACA JUGA:Membludak! 5.015 Orang Lamar PPPK Kabupaten Brebes di Hari ke-4 Pendaftaran

Ironisnya, gaji yang diterima hanya berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp800 ribu per bulan.

Sumber: