Kebakaran TPA Jatibarang Besok di Water Bombing, Hari Ini Helikopter Bom Air Tiba di Semarang

Kebakaran TPA Jatibarang Besok di Water Bombing, Hari Ini Helikopter Bom Air Tiba di Semarang

Pj Gubernur Jateng meninjau lokasi kebakaran TPA Jatibarang Kota Semarang, Minggu 8 Oktober 2023 malam.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Kebakaran TPA Jatibarang Kota Semarang Jawa Tengah (Jateng) hingga Minggu 8 Oktober 2023 belum padam sepenuhnya. Masih terdapat sejumlah titik api kendati upaya pemadaman sudah dilakukan.

Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng akan menggunakan water bombing untuk percepatan pemadaman kebakaran TPA Jatibarang. Sesuai rencana water bombing akan dilakukan besok Selasa, 10 Oktober 2023.

Upaya percepatan pemadaman kebakaran TPA Jatibarang dengan water bombing itu ditegaskan Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana, Minggu 8 Oktober 2023. 

Dia mengatakan telah meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengirimkan helikopter yang berisi water bombing.

BACA JUGA:Cegah Kebakaran TPA Kembali Terjadi di Jateng, Pemprov Minta Pengelola Lakukan Ini

Menurut Nana, helikopter yang bersisi water bombing rencananya akan tiba di Kota Semarang pada Senin, 9 Oktober 2023. Sedangkan pelaksanaan pemadaman kebakaran TPA Jatibarang dimulai pada Selasa, 10 Oktober 2023. 

"Kendalanya, ini cukup luas. Kemudian kendalanya akses masuk ke tempat lokasi kebakaran. Makanya mau tidak mau, kita harus menggunakan heli water bombing," kata Nana saat meninjau pemadaman TPA Jatibarang, Semarang, pada Minggu, 8 Oktober 2023 malam. 

Nana mengatakan, akses ke lokasi kebakaran TPA Jatibarang menjadi kendala dalam upaya pemadaman. Tak pelak, pemadaman itu membutuhkan penggunaan helikopter yang berisi water bombing. 

Dia menyebut, area yang terbakar cukup luas, yakni sekira 5 hektare, meliputi 3 hektar di zona 3 dan dua hektare di zona 4  TPA tersebut.

BACA JUGA:Soal Kebakaran TPA Pesalakan Pemalang, Plt Bupati Pemalang Minta Ditangani Secara Keroyokan

Api kebakaran TPA Jatibarang sudah mengecil

Dikatakan, sebanyak 150 - 200 personel melakukan upaya pemadaman setiap hari di TPA Jatibarang. Personel itu dari unsur pemadam kebakaran, BPBD, TNI-Polri dan relawan. 

Mereka bekerja 24 jam setiap hari. Di sekitar lokasi kebakaran, dapur umum juga disiapkan untuk mememuhi kebutuhan logistik petugas. 

Truk tanki air juga disiapkan di lokasi, agar mobil pemadam kebakaran tidak perlu mondar mandir mengambil air. Saat ini api saat ini sudah mulai mengecil dan asap juga sudah sangat berkurang.

Sumber: