4 Cara Efektif Bikin DC Lapangan Kapok, Dijamin Tak Mau Datang Lagi ke Kantor Nasabah Galbay

4 Cara Efektif Bikin DC Lapangan Kapok, Dijamin Tak Mau Datang Lagi ke Kantor Nasabah Galbay

DC lapangan baik pinjol maupun lembaga perbankan bisa diusir dengan cara-cara yang sesuai deng SOP dan peraturan OJK.--

RADAR TEGAL - Cara kerja Debt Collector alias DC lapangan pinjol suka memaksa tagih utang sampai datang ke kantor. Maka perlu cara untuk membikin mereka kapok dan tak datang lagi ke tempat kerja.

Ulah DC lapangan pinjol memang tidak beretika, karena kerap kali mengganggu aktivitas nasabah dengan aksi-aksinya yang tidak terduga. Salah satunya mengancam akan datang ke kantor 

Bukan hanya masalah pinjaman online yang selalu dikejar debt collector, tetapi nasabah kartu kredit galbay pun tak lepas dari kejaran DC lapangan. Karena itu perlu kehati-hatian sebelum menjatuhkan pilihan untuk memilih pinjaman.

Hal itu terungkap pada laman amalan.com, sebuah website yang menawarkan bantuan kepada orang-orang mengalami kesulitan melunasi utang. Utamanya untuk menghadapi DC lapangan.

BACA JUGA:Amankan Finansial Anda Jika Tidak Ingin Ditagih Terus oleh DC Lapangan Pinjol, Begini Tipsnya!

Berawal dari Hasna utang 

Melansir laman Amalan sebut saja namanya Hasna mengungkap kekesalannya yang merasa marah dan menyesal. Karena dia diperlakukan kurang baik oleh debt collector sebuah bank.

Seperti ibu rumah tangga lainnya ibu 2 anak mengaku mempunyai utang Rp50 juta untuk biaya pendidikan anaknya baru saja masuk kuliah. Biaya Rp50 juta membeli kebutuhan kuliah laptop dan beberapa buku kuliah.

Memasuki bulan ke-5, Hasna membayar angsuran dengan lancar. Karena memang menjadi prioritas utama saat pembayaran gaji dari kantor.

BACA JUGA:5 Tips Agar Tidak Galbay Di Pinjol Legal OJK, Caranya Mudah Banget Bisa Kamu Ikuti Agar Tidak Ada DC Lapangan

Pada bulan ke-8 dan ke-7 pembayaran tidak lancar, karena ibunya sakit perlu biaya besar perawatan di rumah sakit. Sehingga mulailah dia menerima penagihan-penagihan dari DC lapangan bank.

Saat kondisi demikian, justru datang debt collector menagih utang yang menunggak 2 bulan. Dia kemudian menceritakan keadaan sebenarnya ibunya sedang sakit.

Penagih utang tidak percaya dan mengancam akan datang ke kantor, untuk menagih utang yang belum dibayar hari itu juga. Ancaman DC yang arogan membuatnya syok dan stres berat.

Apalagi ulah debt collector tidak punya hati, sehingga sangat penting mencari cara untuk bikin kapok mereka yang datang ke tempat kerja.

BACA JUGA:8 Pinjol Ilegal yang Menggunakan DC Lapangan, Waspada Penipuan dan Kekerasan!

Ancaman DC lapangan ke kantor

Perilaku debt collector kartu kredit yang mengancam akan datang ke kantor Hasna sudah tidak lagi sesuai aturan berlaku. Menurut Surat Edaran Bank Indonesia nomor 1 4/17/DASP mengenai penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan menggunakan Kartu.

Saat pelaksanaan pengambilan utang dari nasabah menggunakan tenaga penagihan wajib mematuhi etika penagihan, di antaranya adalah:

  • Penagih utang ketika menagih utang menggunakan kartu identitas resmi dikeluarkan oleh penerbit kartu kredit. Saat bertugas dilengkapi foto diri yang bersangkutan kemudian juga dokumen penting lainnya.
  • DC lapangan ketika menagih dilarang mengancam dan melakukan tindakan kekerasan hingga tekanan baik fisik dan mental.
  • Tidak diperkenankan komunikasi terus menerus bersifat mengganggu debitur.
  • Alamat penagihan hanya dilakukan pada tempat alamat debitur atau domilisi pemegang kartu kredit dan hanya dilakukan pukul 08.00-20.00 waktu setempat.

BACA JUGA:Daftar DC Pinjol Legal yang Menjaga Privasi Data Anda Jika Galbay, Tak Perlu Khawatir Lagi!

Hasna dalam hal ini tidak mendaftarkan alamat kantor sebagai alamat penagihan kemudian mengadukan masalah tersebut ke tim Amalan. Sebuah lembaga yang menawarkan bantuan kepada orang-orang mengalami kesulitan melunasi utang.

Tidak lama kemudian tim amalan kontak bank terus mengajukan pengaduan perilaku debt collector yang mengancam akan datang ke kantor Hasna.

Tidak membutuhkan waktu lama, Hasna menerima telepon dari bank yang memberitahu bank menerima pengaduan Hasna atas sikap DC lapangan yang tidak sesuai SOP

BACA JUGA:6 Aplikasi Pinjol Legal OJK Paling Aman dari Kejaran DC Lapangan, Khusus Galbay Bisa Coba

Pihak bank sudah menegur DC berbuat  tidak sopan mengancam akan datang ke kantor. Dengan tidak mendaftarkan alamat kantor sebagai alamat penagihan adalah.

Cara bikin kapok debt collector tagih utang ke tempat kerja membuatnya jera. Itulah tadi pembahasan singkat mengenai langkah membikin kapok DC tidak datang lagi ke tempat kerja.

Kesimpulan

Galbay kartu kredit risikonya dikejar debt collector ke rumah bahkan diancam akan mendatangi tempat kerja sebagaimana dialami Hasna.

Namun dalam hal ini, Hasna tidak mendaftarkan alamat kantor sebagai alamat penagihan dan Langkah in sebagai cara membuat kapok DC lapangan yang menagih utang ke tempat kerja. (*)

Sumber: